Kemensos Digeledah, Mensos Risma Klaim Tidak Tahu Masalahnya

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 24 Mei 2023 | 14:06 WIB
Mensos Risma (Sinpo.id/Ashar)
Mensos Risma (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini mengklarifikasi soal penggeledahan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kantor Kemensos Jakarta. Risma mengklaim tidak tahu menahu soal kasus yang tengah diselidiki oleh KPK saat ini.

"Jadi kalau teman-teman tanya masalahnya di mana, saya ga tahu," kata Risma dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu, 24 Mei 2013.

Risma mengatakan tidak ada invervensi yang dilakukannya terhadap penggeledahan itu.

"Karena saya tahu bahwa saya tidak bisa intervensi apapun di situ, karena saya tidak tahu masalahnya," ujar Risma.

Mensos asal PDIP itu menyatakan, kasus yang tengah dalam penyidikan KPK itu terjadi bukan dalam masa jabatannya sebagai pimpinan Kemensos.

Namun menurutnya ada kejanggalan pada dugaan korupsi bansos beras untuk keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2020. Urusan yang seharusnya jadi kewenangan Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial (Ditjen Linjamsos), tapi malah menjadi perkara di Ditjen Dayasos.

"Hanya yang saya tahu ini aneh, kenapa duit yang di Dayasos itu turut serta. Tapi kan saya nggak tahu case kejadiannya kayak apa," jelas Risma.

Sebelumnya, KPK dikabarkan menetapkan mantan Direktur Utama TransJakarta Kuncoro Wibowo jadi tersangka kasus korupsi penyaluran beras bansos tahun 2020-2021. Dalam prosesnya, KPK juga sudah menerbitkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik).sinpo

Komentar: