KTT ASEAN 2023

Satpol PP DKI Tertibkan Manusia Silver Hingga Badut di Ibu Kota

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 25 Mei 2023 | 13:18 WIB
Satpol PP DKI (Sinpo.id/PPID DKI)
Satpol PP DKI (Sinpo.id/PPID DKI)

SinPo.id -  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP DKI Jakarta bakal menertibkan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) menjelang konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Ibu Kota.

"Jadi kalau misalnya ada di setiap simpang manusia silver, ada badut di jalanan yang mungkin bisa mengganggu lalu lintas, termasuk juga mengganggu keselamatan dia sendiri. Itulah peran kita di sana, tugas kami menertibkan," kata Kepala Satpol PP DKI Arifin dalam keteranganya, Kamis 25 Mei 2023.

Arifin menjelaskan, penertiban ini sebagai bagian dari tugas dan wewenang Satpol PP DKI Jakarta untuk menjaga ketertiban dan keamanan. 

Menurutnya, penertiban PPKS akan difokuskan pada jalan-jalan protokol di Ibu Kota, terutama jalur yang di lewat para delegasi KTT ASEAN.

"Ya kalau Pol PP perannya dari sisa ketenteraman ketertiban umumnya. Ketertiban umum kan luas, misalnya berkaitan dengan bagaimana jalur (yang dilewati delegasi) agar bisa tertib dan lancar, tidak ada pelanggaran dari sisi PPKS-nya," ujarnya.

Sebagai informasi, KTT ASEAN yang akan digelar di Jakarta pada September 2023 mendatang tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah membentuk panitia untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN.

Pemprov DKI juga melakukan berbagai kesiapan penyelenggaraan rangkaian KTT ASEAN di Jakarta seperti gotong-royong, kerja sama lintas sektoral meliputi perbaikan jalan, penerangan lampu jalan yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga dan pengaturan lalu lintas dilakukan oleh Dinas Perhubungan.  sinpo

Komentar: