KERJA SAMA TNI DENGAN PEA

Dua Tahun Tertunda, Panglima TNI Tandatangani Kerja Sama Militer dengan Angkatan Bersenjata UEA

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 25 Mei 2023 | 23:19 WIB
Kerja sama TNI dengan PEA (SinPo.id/ Puspen TNI)
Kerja sama TNI dengan PEA (SinPo.id/ Puspen TNI)

SinPo.id - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UEA) guna memperkuat kerja sama militer antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab (PEA), dan membangun ikatan saling percaya antar dua negara. Momentum ini juga digunakan untuk melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama di bidang militer dalam bentuk arrangement, yang sudah tertunda selama dua tahun.

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI diterima dengan upacara jajar kehormatan dan dilanjutkan pertemuan bilateral dengan The Chief of Staff of The UAE Armed Forces, Lieutenant General Engineer H.E. Issa Al Mazrouei. Setelah melaksanakan pertemuan bilateral kedua Panglima Angkatan Bersenjata melaksanakan penandatanganan pengaturan kerja sama di bidang militer.

Kunjungan Yudo merupakan bagian dari diplomasi militer yang dilakukan oleh TNI kepada negara-negara sahabat dalam rangka meningkatkan kerjasama militer diantara kedua belah pihak. Kerja sama militer ini merupakan output dari diplomasi militer, yang tujuan utamanya adalah membangun mutual trust dan common understanding. 

"Kerjasama yang terjalin antara TNI dan Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab telah dimulai sejak tahun 1976. Kedua negara juga secara aktif ikut serta dalam keanggotaan dibeberapa organisasi Internasional seperti PBB atau United Nations, Gerakan Non-Blok (GNB), Indian Ocean Rim Association (IORA), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dan The Indian Ocean Naval Symposium (IONS)," ucap Yudo dalam keterangannya, Kamis, 25 Mei 2023.

Kerja sama ini juga menunjukan adanya komitmen yang sama dalam mewujudkan perdamaian dunia dan stabilitas keamanan kawasan khususnya kawasan Samudera Hindia. Sehingga perlunya dibuat turunan MoU berupa pengaturan pelaksanaan kerja sama militer supaya lebih terencana dan terprogram. 
 sinpo

Komentar: