HARGA PANGAN

Harga Bawang Putih Melonjak, Analis: Hanya 5 Persen Produksi Dalam Negeri

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 26 Mei 2023 | 01:25 WIB
ilustrasi bawang putih (Pixabay)
ilustrasi bawang putih (Pixabay)

SinPo.id -  Harga bawang putih di pasar berada di angka Rp 40 ribu per kilogram. Kenaikan harga bawang putih itu, karena Indonesia tak bisa memproduksi sendiri dan masih bergantung pada impor. 95 persen bawang putih di Indonesia hasil impor

"Kenaikan harga bawang putih ini karena kondisi supply. Kita sangat bergantung pada impor, dan ketika ada hambatan dari luar, kita tidak bisa memenuhi kebutuhan," ujar Analis Ketahanan Pangan Badan Pangan Nasional atau Bapanas Retno Utami pada Kamis 25 Mei 2023.

Dia menjelaskan Indonesia hanya mampu memproduksi 5 persen saja untuk memenuhi kebutuhan bawang putih dalam negeri. Alhasil, seperti saat ini harga bawang putih berada di angka Rp 40 ribu per kilogram karena tak adanya stok.

Kini Bapanas berwenang membuat neraca pangan. Khususnya bawang putih, kata Retno setidaknya saat ini pemerintah mengetahui berapa total kebutuhan dan berapa produksi sehingga bisa menentukan besaran impor.

"Tentunya kita sudah berdasarkan kita koordinasi dengan berbagai, kita mencoba menganalisis melalui neraca artinya ketersediaan dan kebutuhan dari sisi neraca kita mencoba koordinasi dengan Kementerian terkait," tutur Retno.sinpo

Komentar: