KPU Diminta Maksimal Menyisir Data Pemilih Siluman

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 27 Mei 2023 | 12:57 WIB
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)
Kantor KPU RI (Sinpo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id -  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menyelesaikan permasalahan data pemilih siluman dan ganda dalam Pemilu 2024. KPU diingatkan untuk benar-benar menyisir data pemilih yang riil.

"Dan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk segera melakukan verifikasi data pemilih agar didapat data valid dan riil," kata Bamsoet melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 27 Mei 2023.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga meminta KPU bersama Bawaslu memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar. Terpenting, pelaksanaan yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

KPU diharapa mencermati kembali data pemilih yang masuk. Bamsoet tak ingin pemilih siluman merusak pelaksnaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"KPU harus mengoptimalkan seluruh program maupun aplikasi yang bertujuan untuk mengakurasi data pemilih," kata dia.

Terakhis, Bamsoet meminta KPU memelototi setiap data pemilih. Ini penting agar ke depan tidak ada lagi pemilih ganda 

"Meminta KPU untuk dapat mengantisipasi dan menyisir data penduduk secara maksimal, guna mencegah data ganda akibat perekaman ganda Kartu Tanda Penduduk atau KTP elektronik," kata dia.

Sebelumnya, data pemilih siluman ditemukan di sejumlah daerah di Tanah Air. Mereka tercatat sebagai pemilih namun tidak memiliki alamat yang jelas untuk Pemilu 2024.sinpo

Komentar: