Penyelenggaraan Ibadah Haji 2023

Kemenag Umumkan Satu Jemaah Haji Meninggal Dunia, 21 Orang Dirawat di Madinah

Laporan: Martahan Sohuturon
Minggu, 28 Mei 2023 | 07:36 WIB
Ilustrasi jemaah haji. (SinPo.id/Freepik)
Ilustrasi jemaah haji. (SinPo.id/Freepik)

SinPo.id - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengumumkan kematian seorang jemaah haji di masa operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama Ramadhan Harisman mengatakan, terdapat satu jemaah yang meninggal dunia sampai hari kelima operasional Penyelangaraan Ibadah Haji.

"Jemaah yang wafat hingga hari ke-5 masa operasional berjumlah satu orang," tulis Ramadhan dalam keterangannya pada Sabtu, 27 Mei 2033.

Jemaah itu bernama Suprapto Tarlim Kerto Wijoyo yang merupakan jemaah Kloter SOC-03. Dia wafat pada 25 Mei 2023 di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Selain itu, ada 21 jemaah di Madinah yang mendapat perawatan.

"Sebanyak 13 jemaah dirawat di KKHI Madinah, delapan jemaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi di Madinah," jelas Ramadhan.

Lebih lanjut, Ramadhan memaparkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang mencatat sebanyak 20.455 jemaah yang terbagi dalam 53 kelompok terbang (kloter) telah diberangkatkan dari Indonesia menuju Tanah Suci. "Jumlah tersebut, khusus jemaah. Tidak termasuk petugas kloter yang menyertai. Para jemaah ini mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah," kata Ramadhan.

Menurutnya, jemaah tersebut akan berada di Madinah selama kurang lebih sembilan hari. Ramadhan pun mengimbau, bagi jemaah yang telah berada di Madinah untuk tetap menjaga kondisi fisik dan kesehatannya. "Bagi jemaah lansia jangan memaksakan diri, jika kondisi fisiknya tidak memungkinkan ikut salat berjemaah di Masjid Nabawi.

"Jemaah juga bisa  menunaikan salat di hotel, untuk menghindari kelelahan," pesan Ramadan.

Dia mengingatkan, bagi jemaah yang ingin melakukan ibadah di luar pemondokan atau melakukan ziarah di Madinah, agar selalu menggunakan alat pelindung diri.

Ramadhan menambahkan agar para jemaah membawa alat pelindung diri seperti payung atau topi agar tidak terpapar panas langsung dari sinar matahari yang terik serta selalu membawa air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Saat meninggalkan hotel, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga mengimbau jemaah agar memastikan kamarnya terkunci dan menitipkan kunci kamar ke resepsionis hotel.

"Bawa uang secukupnya dan jangan memakai perhiasan mencolok. Bila akan belanja, jangan berlebihan, karena masa tinggal jemaah di Tanah Suci masih lama," ujar Ramadhan.sinpo

Komentar: