BPH Migas Sebut Konsumsi BBM Cenderung Meningkat Jelang Pemilu 2024

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 29 Mei 2023 | 01:04 WIB
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina)
Ilustrasi SPBU (SinPo.id/Pertamina)

SinPo.id -  Anggota Komite BPH Migas, Eman Salman Arief, mengungkapkan terdapat kencenderungan konsumsi BBM yang meningkat jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Pernyataan itu disampaikan saat mengunjungi Terminal BBM Kertapati dan Refinery Unit III Plaju, Sumatera Selatan, Jumat 26 Mei 2023.

"Ini harus menjadi perhatian kita semua, agar tidak terjadi hal-hal negatif yang mengganggu keamanan masyarakat," kata Eman.

Untuk itu, kata dia, badan usaha perlu berkomunikasi dengan intensif dengan BPH Migas. "Jaga pasokan. Kawal kuota yang ada, seperti JBT (jenis BBM Tertentu) di Sumatera Selatan," tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komite BPH lainnya Abdul Halim, mengatakan hubungan baik perlu terus dibangun dan dijaga bersama. Antara BPH Migas dan badan usaha yang ditunjuk pemerintah untuk menyediakan dan menyalurkan BBM.

Badan usaha diminta untuk melaporkan ke BPH Migas, apabila ditemukan penyelewengan atau penyalahgunaan BBM. Selain itu, ia juga mengimbau, apabila ada sinyal untuk penambahan kuota atau terjadi potensi penambahan kuota di kabupaten/kota agar segera disampaikan kepada BPH Migas. Halim juga meminta agar BBM, terutama Biosolar, yang di produksi di Refinery Unit III Plaju dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah.sinpo

Komentar: