Erdogan Unggul Sementara dalam Pemilihan Presiden Turki Putaran Kedua

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 29 Mei 2023 | 04:35 WIB
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan/ Reuters
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan/ Reuters

SinPo.id -  Recep Tayyip Erdogan akan memimpin Turki hingga 2023. Seperti dilansir AFP pada Senin 29 Mei 2023, Erdogan memimpin persaingan dengan meraih 52,3% suara di penghitungan Pilpres Turki putaran kedua ini.

Kini, total surat suara yang dihitung telah 96 persen. Erdogan unggul 52,3 persen suara dibandingkan lawannya Kemal Kilicdaroglu meraih 47,7 persen.

Dalam putaran kedua ini, para pemilih sah akan menentukan apakah Erdogan atau Kilicdaroglu yang akan memimpin Turki untuk lima tahun ke depan. Selain itu, pilpres ini juga akan menentukan bagaimana negara itu dikelola, ke mana arah ekonominya di tengah krisis biaya hidup yang parah, dan bagaimana bentuk kebijakan luar negerinya.

Untuk diketahui, Pilpres Turki putaran kedua itu digelar setelah pemilihan yang pertama pada 14 Mei lalu gagal menentukan capres pemenang. Ketika itu tidak ada capres yang mampu meraup perolehan suara di atas 50 persen.

Erdogan unggul tipis atas capres oposisi Kemal Kilicdaroglu. Hasil pilpres putaran utama menunjukkan 49,5 persen suara diraup Erdogan dan 44,9 persen suara diraup Kilicdaroglu. Capres nasionalis Sinan Ogan berada di urutan ketiga dengan 5,2 persen suara dukungan dan tereliminasi untuk mengikuti putaran kedua. sinpo

Komentar: