Puncak Perayaan Hari Wartawan, PM Malaysia: Media Massa Harus Bebas Sepenuhnya

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 29 Mei 2023 | 06:03 WIB
PM Malaysia Anwar Ibrahim (WIkipedia)
PM Malaysia Anwar Ibrahim (WIkipedia)

SinPo.id -  Pemerintah Malaysia membuat keputusan media massa harus bebas sepenuhnya. Pernyataan itu disampaikan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim ketika memberikan sambutan pada puncak perayaan Hari Wartawan Nasional (HAWANA) 2023 Malaysia di Ipoh, Perak.

"Syukur, Alhamdulillah karena perubahan waktu dan juga iklim politik, maka saya dan rekan-rekan dalam pimpinan pemerintahan sekarang membuat keputusan yang sangat jelas, bahwa media di Malaysia harus bebas sepenuhnya," kata dia pada Minggu 28 Mei 2023. 

Dia menjelaskan media massa akan 
diperkarakan hanya jika cenderung mencetuskan permusuhan kaum serta menyempitkan risalah agama yang dapat menimbulkan kerusakan dan keributan dalam masyarakat. Di luar itu, ujarnya, kritik terhadap perdana menteri atau pemimpin diharuskan. Ia juga mengingatkan agar para pemimpin juga tidak takut dengan kritik.

"Saya lontarkan ide ini karena saya apa yang kita lakukan, dan saya bersedia bertarung dengan argumen. Dan kalau ada kelemahan, kita akan mohon maaf dan melakukan perubahan yang wajar," tuturnya.

Dia mengajak para wartawan yang hadir pada HAWANA 2023 untuk menerima kenyataan bahwa keadaan berubah dan tidak perlu merasa ada sensor. Ia mengingatkan kebebasan dan demokrasi harus dihormati. Anwar juga menyebut perjuangan wartawan yang mempunyai ide, prinsip, dan nilai memang tidak mudah dan karena itu kegiatan seperti Hari Wartawan Nasional harus dimanfaatkan untuk menyatakan penghargaan kepada mereka.

"Mudah-mudahan semangat yang ditanam itu dengan memupuk nilai dapat disemai di kalangan wartawan-wartawan muda," tuturnya.sinpo

Komentar: