SURVEI LSI DENNY JA

LSI Denny JA: Ganjar Kalah dari Prabowo Lantaran Image Petugas Partai

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 29 Mei 2023 | 17:35 WIB
Megawati dan Ganjar Pranowo (SinPo.id/ Dok. PDIP)
Megawati dan Ganjar Pranowo (SinPo.id/ Dok. PDIP)

SinPo.id - Hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, mencatat sosok Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga pendiri dan ketua partai, dinilai  oleh publik sebagai _strong leader_ dibandingkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang selama ini identik sebagai petugas partai PDIP.

Publik cenderung lebih banyak memilih Prabowo sebagai sosok _strong leader_  untuk menumbuhkan ekonomi di angka 56,2 persen, diikuti mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan di 18,7 persen, dan Ganjar di posisi paling bawah di angka 14,8 persen.

"Masyarakat melihat, image atau sebutan pertugas partai ini juga sedikit banyak mengurangi sosok strong leader yang memang dialamatkan kepada capres-capres yang ada," kata peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa, Senin, 29 Mei 2023 dalam peluncuran survei via YouTube.

"Bahkan, ketika dipadukan dengan ketua umum partai yang ada, kita lihat istilah petugas partai melemahkan Ganjar di hadapan Prabowo," kata dia.

Ardian melanjutkan, jika dibandingkan dengan data populasi umum survei LSI Denny JA, yakni popularitas keseluruhan tanpa embel-embel strong leader, Prabowo tetap unggul di angka 33,9 persen diikuti Ganjar di angka 31,9 persen, dan Anies di posisi ketiga dengan 20,8 persen.

"Petugas partai tak mengesankan sebagai strong leader, apalagi sebagai pengendali pemerintah atau elit negara," ujarnya.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan kepada 1.200 responden dengan menggunakan metodeologi random sampling melalui wawancara tatap muka selama 3 hingga 14 Mei 2023 dengan margin of error sebesar 2,9 persen.sinpo

Komentar: