TEROR KKB DI PAPUA

TNI Berupaya Selamatkan Pilot Susi Air Tanpa Menimbulkan Jatuhnya Korban Jiwa

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 30 Mei 2023 | 06:47 WIB
Pilot Susi Air yang disandera KKB/ Istimewa
Pilot Susi Air yang disandera KKB/ Istimewa

SinPo.id -  TNI berupaya menyelamatkan pilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Upaya penyelamatan pilot Susi Air dilakukan dengan sangat hati-hati. Langkah ini dilakukan agar prosesnya tak menimbulkan korban jiwa dari masyarakat.

"Tentunya kita berusaha untuk menyelamatkan (Philip Mark Mehrtens). Kita tidak bisa menjelaskan secara detail tentang apa namanya taktik, strategi kita. Tetap berusaha menyelamatkan pilot dengan tidak menimbulkan korban jiwa, baik dari masyarakat," kata 
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Pernyataan itu disampaikan dalam rapat koordinasi sinergitas pemerintah dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan untuk menyukseskan Pemilu 2024, di Hotel Westin Jakarta, Senin 29 Mei 2023. 

Sebagai upaya menyelamatkan sandera, kata dia, TNI sudah memaksimalkan negosiasi dengan menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat untuk pembebasan pilot Susi Air. Dia menyebut para tokoh agama dan masyarakat berharap tidak ada kontak tembak dalam penyelamatan ini.

"Yang nego kan dengan ini, kita sudah ketemu tokoh agama, tokoh masyarakat, kemudian dengan Pj bupati. Berusaha maksimal semuanya untuk bisa nego secara damai. Kalau nego kan secara damai otomatis, itu kita usahakan terus. Kita ya hormati bahwa ada tokoh masyarakat yang akan berusaha menyelesaikan secara damai tersebut dan mereka juga tidak berharap ada kontak tembak antara TNI-Polri untuk menyelamatkan itu kita coba penuhi," tambahnya.sinpo

Komentar: