Korut Akan Luncurkan Satelit Pengintai Militer

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 30 Mei 2023 | 08:40 WIB
(Foto: KCNA)
(Foto: KCNA)

SinPo.id -  KCNA, media pemerintah Korea Utara, mengumumkan akan meluncurkan satelit pengintaian militer pada bulan Juni 2023. Upaya peluncuran itu untuk memantau secara real time pergerakan militer Amerika Serikat (AS) dan mitranya.

Wakil Ketua Komisi Militer Pusat, Ri Pyong Chol, mengecam latihan militer bersama yang diadakan AS dan Korea Selatan secara terbuka. Menurutnya, latihan itu menunjukkan ambisi sembrono untuk agresi.

"Satelit yang akan segera diluncurkan, bersama dengan teknologi pengintaian Korea Utara lainnya, sangat diperlukan untuk melacak, memantau, dan mengatasi secara real time tindakan militer berbahaya AS dan pasukan bawahannya," kata Ri Pyong Choi, dalam sebuah pernyataan, dilansir dari VoA, Selasa 30 Mei 2023.

Menanggapi pengumuman itu, Jepang mengatakan peluncuran satelit mata-mata tersebut akan menjadi pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. Namun, Kantor Perdana Menteri Fumio Kishida telah memerintahkan pemerintahnya untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi apapun dari peluncuran satelit.

Sementara itu, baik Jepang, AS, maupun Korea Selatan, sama-sama mendesak Korea Utara menahan diri dari peluncuran satelit ilegal yang dinilai akan mengancam perdamaian regional.sinpo

Komentar: