Sri Mulyani Pastikan Pembangunan IKN Tetap Berjalan

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 31 Mei 2023 | 04:22 WIB
Logo resmi IKN Nusantara, Pohon Hayat. (SinPo.id/IKN)
Logo resmi IKN Nusantara, Pohon Hayat. (SinPo.id/IKN)

SinPo.id -  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pembangunan IKN Nusantara tetap berjalan. Menurut dia, belanja untuk IKN sudah dialokasikan dalam program prioritas negara.

"Kami akan menguatkan spending better melalui aspek efisiensi belanja terutama untuk kebutuhan dasar serta program-program yang mendukung program prioritas," tutur Sri dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-25 Masa Persidangan V tahun 2022-2023 di Jakarta, Selasa 30 Mei 2023.

Pernyataan itu disampaikan menjawab kritik fraksi PKS dan Demokrat DPR yang meminta pencairan anggaran untuk pembangunan IKN Nusantara ditunda dalam RAPBN 2024.

Dia menjelaskan keberlanjutan pembangunan IKN dan proyek strategis nasional (PSN) termasuk percepatan pembangunan infrastruktur. Adapun program prioritas juga difokuskan untuk menyelesaikan penurunan atau mengentaskan kemiskinan ekstrem dan stunting serta mempercepat transformasi ekonomi. Dalam hal ini, pemerintah akan melakukan peningkatan kualitas dan akses pendidikan seperti program KIP, KIP Kuliah, dana BOS, pemberian beasiswa LPDP serta program link and match.

"Pemerintah menguatkan kualitas dan akses kesehatan, terutama dengan memperkuat efektivitas sistem JKN, kemandirian industri farmasi, dan membangun sistem kesehatan yang handal," tambahnya.sinpo

Komentar: