Ukraina Luncurkan Serangan Drone ke Moskow

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 31 Mei 2023 | 09:58 WIB
Suasana di Moscow (Sinpo.id/Reuters)
Suasana di Moscow (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Ukraina luncurkan drone ke Moskow sebagai serangan paling berbahaya di ibu kota Rusia sejak Perang Dunia Kedua. Sementara Kyiv juga dihantam dengan serangan udara untuk ketiga kalinya dalam 24 jam.

Serangan drone tersebut menargetkan beberapa distrik paling bergengsi di Moskow, termasuk tempat tinggal Putin dan para elit. Putin yang berada di Kremlin kemudian menerima pengarahan tentang serangan itu.

Putin mengatakan, serangan drone terbesar Ukraina di Moskow tersebut merupakan upaya untuk menakut-nakuti dan memprovokasi Rusia. Sehingga pertahanan udara di sekitar ibu kota akan diperkuat.

"Ukraina, telah memilih jalan untuk mencoba mengintimidasi Rusia, warga Rusia, dan menyerang bangunan tempat tinggal," kata Putin, dilansir dari CNA, Rabu 31 Mei 2023.

Meski demikian, Kementerian Pertahanan Rusia sekitar delapan pesawat tak berawak yang dikirim oleh Ukraina dan menargetkan warga sipil, telah ditembak jatuh atau dialihkan dengan jammers elektronik.

Namun seorang pembantu presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, membantah bahwa Kyiv terlibat langsung dalam serangan tersebut, tetapi mengaku senang menyaksikannya.sinpo

Komentar: