DPR Minta Mafia Perekrut PMI Nonprosedural Diberantas

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 31 Mei 2023 | 12:17 WIB
Kurniasih Mufidayati (Sinpo.id/PKS)
Kurniasih Mufidayati (Sinpo.id/PKS)

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati, mengingatkan kembali agar perekrut PMI nonprosedural ke negara-negara Asia Tenggara untuk menjadi scammer dapat segera diberantas.

Pasalnya, daftar PMI nonprosedural yang menjadi korban penipuan di perbatasan Myanmar-Thailand, Filipina dan Malaysia terus bertambah, dan jumlahnya bisa mencapai ratusan orang.

"Dulu sudah kami ingatkan agar mereka yang beroperasi di Indonesia dan merekrut warga agar menjadi PMI nonprosedural untuk direkrut menjadi scammer di Asia Tenggara benar-benar diberantas. Tapi ternyata masih terulang hingga kini, artinya apakah pencegahan TPPO kita tidak serius?" kata Kurniasih, Rabu 31 Mei 2023.

Ia meminta kepada Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) melakukan mitigasi dan pencegahan agar tidak ada lagi korban yang tertipu dengan iming-iming menggiurkan bekerja di luar negeri.

Kurniasih menegaskan jangan sampai seluruh stakeholder penanganan PMI dan TPPO baru bergeram setelah banyak anak bangsa yang meminta tolong lewat saluran media sosial setelah tidak tahu harus melapor dan mengadu ke mana.

"Teman-teman PMI ini memviralkan dan melapor minta dipulangkan via media sosial karena bisa jadi tidak tahu saluran untuk melapor. Salah satu sebabnya mereka diberangkatkan secara nonprosedural sehingga ada ketakutan untuk melapor, termasuk keluarga di Indonesia," ungkalnya.sinpo

Komentar: