Aliran Listrik untuk Formula E Jakarta Bakal Disiapkan PLN

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 31 Mei 2023 | 12:56 WIB
Sirkuit Formula E Jakarta (Sinpo.id/Formula E)
Sirkuit Formula E Jakarta (Sinpo.id/Formula E)

SinPo.id -  Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya akan menyiapkan aliran listrik untuk ajang Formula E yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy Pangaribuan mengatakan, total daya listrik yang dipasok PLN sebanyak 3.876 KVA, dengan pantauan utama pasokan listrik berlapis untuk President Suite, Podium, Royal Suite, dan Deluxe Suite.

"Kami siap mendukung gelaran balap mobil listrik internasional ini dengan pasokan listrik yang andal tanpa kedip, berlapis, dan ramah lingkungan," kata Doddy dalam keterangannya, Rabu 31 Mei 2023.

Doddy menjelaskan, kondisi kelistrikan Jakarta dipasok oleh enam subsistem dengan total kapasitas mencapai 8.848 Mega Watt. 

Dengan kondisi tersebut dipastikan suplai listrik dapat memenuhi kebutuhan event-event di Jakarta, seperti pertandingan olahraga, konser, dan kegiatan kenegaraan lainnya.

"Kami siap mendukung gelaran event skala nasional dan internasional dengan listrik yang cukup dan tanpa kedip," ujarnya.

Selain itu, pada penyelenggaraan Formula E Jakarta, PLN UID Jakarta Raya juga menyiapkan 52 orang personel siaga untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama balapan berlangsung.

Dari sisi keandalan teknis, lanjut Doddy, PLN juga menyiapkan tiga buah Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile masing-masing 500 kVA, 3 buah Unit Gardu Bergerak (UGB) masing-masing 1000 kVA, 2 buah UGB masing-masing 630 kVA, dan 1 buah UGB 400 kVA.

"Untuk mobilisasi petugas, PLN juga menyiapkan motor listrik sebanyak tiga unit," tandasnya.

Sebagai informasi, Jakarta kembali menjadi tuan rumah Formula E musim 2023/2024. Balapan akan berlangsung pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta E-Prix Circuit (JIC), Ancol, Jakarta Utara.


sinpo

Komentar: