CAWE-CAWE JOKOWI

Cawe-cawe Jokowi, PKS: Presiden Harus Netral Imparsial

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 31 Mei 2023 | 15:29 WIB
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan akan cawe-cawe di Pemilu 2024 sangat berbahaya. Kepala Negara disebut harus netral.

"Pernyataan Pak Jokowi yang ingin cewe-cewe berbahaya sekali. Presiden mesti netral imparsial," kata Mardani kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

Mardani mengingatkan Jokowi agar tidak merasa paling tahu mengenai proses politik. Dia meminta Kepala Negara memberikan kesempatan kepada rakyat untuk mengambil peran dalam mengawal pelaksanaan pesta demokrasi. 

"Presiden jangan merasa sok tahu apalagi merasa menjadi pengawal utama proses pemilu. Biarkan rakyat mengambil perannya, biarkan para ketua umum partai politik membuat ijtihad,” ujarnya. 

Menurut dia, Jokowi sebagai orang nomor satu di Tanah Air cukup berada di posisi untuk memastikan penyelenggaraan pemilu berlangsung sesuai asas. Mardani meminta Jokowi tidak masuk ke wilayah dinamika politik tentang satu atau tiga pasangan capres-cawapres yang mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

"Presiden pastikan pemilu berlangsung luber dan jurdil. Tidak perlu ada skenario satu dua pasang, tiga pasang, biarkan mengalir saja," ujarnya. 

Mardani meyakini apabila Jokowi bersikap netral dan bekerja sesuai koridor maka Pilpres 2024 bakal melahirkan pemimpin nasional yang lebih baik. "Kami yakin ketika Presiden netral dan bekerja dalam koridor yang benar justru kita akan mendapatkan Presiden yang lebih baik ketimbang saat ini," kata Mardani. 

 sinpo

Komentar: