Pengamanan Waisak, Polda Jateng Terjunkan 2.500 Anggota

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 31 Mei 2023 | 22:48 WIB
Persiapan Waisak di Borobudur (SinPo.id/ NTMC Polri)
Persiapan Waisak di Borobudur (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Polda Jateng memastikan bakal mengamankan rangkaian ibadah Waisak 2023. Hal ini guna menjamin kenyamanan umat Budha dalam beribadah.

Karo Ops Polda Jateng Kombes Basya Radyananda mengatakan, pihaknya bakal mengamankan rangkaian Waisak hingga puncaknya pada 4 Juni 2023. Pengamanan yang dilakukan secara menyeluruh.

“Pengamanannya secara menyeluruh. Tidak hanya di Candi Borobudur Magelang. Namun semua tempat ibadah Waisak di Jateng yang merayakan Waisak,” kata Basya dikutip dari laman NTMC Polri, Rabu, 31 Meoi 2023.

Dia menuturkan ada sekitar 2.500 anggota polisi yang ditugaskan mengamankan Waisak. Pengamanan dipusatkan di sekitar Candi Borobudur, sebagai pusat perayaan Waisak

“Kalau di Borobudur, jumlah personel yakni 3/4 dari kekuatan Polresta Magelang dan Polres Magelang Kota. Ini diback-up Polda Jateng baik reserse maupun Brimob,” ujarnya.

Khusus pengamanan di Borobudur, kata Basya, dilakukan secara tertutup dan terbuka. Pengamanan ini dilakukan agar masyarakat merasa aman dan nyaman merayakan Waisak.

“Jumlah wisatawan ke Borobudur kan banyak. Tentu pengamanan terbuka harus jadi tolok ukur,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Al-Qudussy mengatakan pengamanan rangkaian ibadah menyambut perayaan hari Tri Suci Waisak 2023 telah dimulai sejak Selasa 30 Mei 2023. “Kegiatan dilakukan di tiga lokasi meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung,” kata Iqbal.

Di tiga lokasi itu terdapat 2.110 orang yang menjalankan ibadah sejak pukul 15.00 WIB. Adapun rangkaian kegiatan menyambut perayaan Waisak yang dimulai sejak Selasa, diawali dengan bakti sosial pengobatan gratis di Pelataran Taman Lumbini, kompleks Candi Agung Borobudur Zona 2 pada tanggal 30-31 Mei 2023.sinpo

Komentar: