NASA Gelar Pertemuan Bahas Fenomena Anomali Tak Dikenal

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 01 Juni 2023 | 15:33 WIB
NASA (AP/SinPo.id)
NASA (AP/SinPo.id)

SinPo.id -  Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika NASA menggelar pertemuan publik pertama membahas tentang Unidentified Anomalous Phenomena (UAP), atau penampakan yang tidak dapat diidentifikasi sebagai pesawat terbang atau fenomena alam lainnya melalui perspektif ilmiah.

Tercatat otoritas Amerika telah memeriksa sekitar 800 laporan misterius tentang objek terbang tak dikenal yang dikumpulkan selama beberapa dekade, namun hanya sebagian kecil yang benar-benar tidak dapat dijelaskan.

"Kami memiliki 50 hingga 100 laporan baru setiap bulan," kata Sean Kirkpatrick, direktur All-domain Anomaly Resolution Office (AARO), yang menjadi bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS), dilansir dari BBC, Kamis 1 Juni 2023.

Sean mengatakan jumlah penampakan yang mungkin benar-benar anomali adalah 2 persen hingga 5 persen dari total database. Sedangkan beberapa objek terbang yang awalnya dianggap misterius, ternyata hanya pesawat komersial yang terbang menuju bandara utama.

Sedangkan laporan dari Pentagon pada tahun 2021 berdasarkan kesaksian dari pilot militer sejak tahun 2004, menyebut ada 144 penampakan di langit yang hingga kini tak dapat dijelaskan secara ilmiah. Sehingga penampakan tersebut mengarah pada makhluk luar angkasa.

Pertemuan publik itu sendiri menjadi era baru transparasi NASA, sebuah badan antariksa yang telah menghabiskan beberapa dekade untuk menyanggah penampakan dari Unidentified Flying Object (UFO), sekaligus membuktikan kepada masyarakat bahwa tidak ada hal yang disembunyikan oleh NASA.sinpo

Komentar: