EKSPOR PRODUK PERTANIAN DAN PERIKANAN

Indonesia Berpotensi Besar Ekspor Produk Pertanian dan Perikanan ke EAEU

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 01 Juni 2023 | 20:14 WIB
Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud (SinPo.id/ Dok. Kemenko Perekonomian)
Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian, Musdhalifah Machmud (SinPo.id/ Dok. Kemenko Perekonomian)

SinPo.id - Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdhalifah Machmud menyampaikan, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengekspor produk ke negara anggota Eurasian Economic Union (EAEU). Adapun produk-produk yang dapat diekspor, yakni kelapa sawit, karet, kopi, teh, kakao, beserta produk turunannya, dan juga kelapa, produk ikan, buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Untuk itu, Indonesia membuka peluang kerja sama ekonomi dan perdagangan seluas- luasnya untuk negara anggota EAEU,” kata Deputi Musdhalifah, dikutip Kamis, 1 Juni 2023.

Selain itu, Indonesia saat ini juga tengah fokus mengembangkan pasar non tradisional bagi tujuan ekspor produk unggulan. Sementara Kawasan Eurasia menjadi salah satu tujuan utama di Eropa Timur.

Bahkan dalam Eurasian Economic Forum (EEF) 2023, Presiden Rusia Vladimir Putin, menyampaikan akan bekerja keras untuk memperluas hubungan persahabatan dengan negara- negara di Asia, India, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin, yang merupakan mayoritas populasi dunia untuk mendorong pertumbuhan global. 

"Rusia juga berusaha menciptakan Zona Perdagangan Bebas (Free Trade Zone/FTZ) dengan Indonesia, Uni Emirat Arab, Iran dan Mesir,” ungkap Putin.sinpo

Komentar: