Survei FixPoll: Prabowo Capres Elektabilitasi Tertinggi di Jawa Timur

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 02 Juni 2023 | 13:05 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  

Hasil survei Lembaga Fixpoll Research and Strategic menunjukkan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjadi capres yang paling diinginkan rakyat di Jawa Timur. 

Elektabilitas Prabowo melambung hingga 35,8 persen. Tingkat keterpilihan Prabowo tertinggi dibandingkan dengan tiga nama lain yang disodorkan Lembaga Fixpoll kepada 840 responden. 

Prabowo unggul atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menempati urutan kedua dengan perolehan 30,3 persen yang disusul Mantan Gubernur DKI Jakarta dengan suara 10,5 persen. Sementara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengisi posisi paling bawah dengan 3,0 persen dukungan. 

Selain memuat elektabilitas capres, Lembaga Fixpoll juga menampilkan simulasi head to head capres jelang Pemilu 2024. Hasilnya, Prabowo tetap unggul atas Ganjar maupun Anies. 

Ketua Umum Partai Gerindra itu meraup dukungan hingga 46,9 persen dan meninggalkan Ganjar dengan 27,5 persen suara. Bila bersanding dengan Anies, Prabowo meraih nyaris 50 persen suara masyarakat dan menang atas Anies yang keok dengan perolehan 10,2 persen.

Lembaga Fixpoll Research and Strategic merilis hasil survei yang dilakukan pada 9 hingga 16 Mei 2023. Survei tersebut digelar di Jawa Timur dengan metode penarikan sampel multistage random sampling.sinpo

Komentar: