Kemenag Catat Jumlah Jemaah Haji Sakit Mencapai 93 Orang

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 02 Juni 2023 | 23:23 WIB
Pelaksanaan ibadah haji (SinPo.id/ Dok. Imigrasi)
Pelaksanaan ibadah haji (SinPo.id/ Dok. Imigrasi)

SinPo.id - Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat jumlah jemaah haji sakit yang dirujuk ke klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI) mencapai 93 orang.

"Jumlah jemaah sakit yang dirujuk ke KKHI sebanyak 93 orang," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag RI, Akhmad Fauzin dalam keterangannya, Jumat 2 Juni 2023.

Fauzin memaparkan, dari jumlah itu sebanyak 33 orang memperoleh penanganan rawat jalan, rawat inap 35 orang, dan rawat inap di Rumah Sakit Arab Saudi sebanyak 25 orang.

Ia mengingatkan kepada para jemaah haji untuk menjaga kesehatannya. Sebab, cuaca di Madinah saat ini berkisar 26-40 derajat dan di Mekkah 31-41 derajat.

Lebih lanjut, Fauzin meminta para jemaah agar mengurangi aktivitas di luar hotel dan beristirahat yang cukup.

"Para jemaah khususnya jemaah haji lansia untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mengindahkan anjuran pemerintah untuk menjaga kesehatan," ucap Fauzin.

Selain itu, Fauzin meminta jemaah menggunakan alas kaki dan kaos kaki ketika keluar hotel untuk menghindari kaki melepuh.

Kemudian, bagi jamaah yang kehilangan alas kaki, Fauzin menghimbau agar tidak memaksakan diri untuk pulang ke hotel pada siang hari. Segera temui petugas dan minta bantuan.

"Jangan lupa selalu bawa dan minum air mineral dan oralit satu sachet per hari. Lalu, catat nama dan nomor hotel sebelum berangkat ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Selalu menggunakan identitas pengenal terutama gelang jemaah," tandasnya.sinpo

Komentar: