Disentil Taufik Hidayat soal 'BWF Hall of Fame', Lee Chong Wei Buka Suara

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 03 Juni 2023 | 18:09 WIB
Lee Chong Wei (kanan) buka suara usai 'disentil' Taufik Hidayat (kiri) yang mempertanyakan keputusan BWF memilih dirinya masuk Hall of Fame. (SinPo.id/AFP)
Lee Chong Wei (kanan) buka suara usai 'disentil' Taufik Hidayat (kiri) yang mempertanyakan keputusan BWF memilih dirinya masuk Hall of Fame. (SinPo.id/AFP)

SinPo.id - Lee Chong Wei buka suara usai 'disentil' Taufik Hidayat yang mempertanyakan keputusan BWF memilih dirinya masuk Hall of Fame. Peraih tiga medali perak Olimpiade itu mengatakan, tidak punya wewenang apa pun dalam keputusan BWF. Ia juga bingung mengapa Taufik Hidayat menyerangnya.

Menurut Lee Chong Wei, Taufik seharusnya menghubungi BWF. 

"Saya tidak ada hubungannya dengan itu. Taufik seharusnya menghubungi BWF untuk klarifikasi," kata Chong Wei, dilansir dari New Straits Times pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Sebelumnya, Taufik dalam sebuah podcast mempertanyakan alasan Lee Chong Wei dianugerahi BWF Hall of Fame 2023. Bahkan Taufik sampai menyinggung kantor BWF yang berada di Malaysia.

Mengacu laman resmi BWF, Hall of Fame adalah sebuah kegiatan non-profit yang bertujuan menginspirasi atlet bulutangkis dan mulai diberikan pada 1996.

Gelar itu diberikan kepada atlet atau terkadang pengurus badminton. Kiprah atlet atau pengurus, terutama yang dianggap berpengaruh bagi negaranya, jadi pertimbangan.

"Hall of Fame Federasi Bulutangkis Dunia adalah untuk menghormati pemain dan terkadang administrator yang telah meningkatkan olahraga ini dengan prestasi luar biasa," tulis pihak BWF.

Dalam pernyataannya, BWF memilih Lin Dan dan Chong Wei masuk Hall of Fame karena dianggap dua pemain paling dominan di eranya.

Lin Dan terpilih karena meraih banyak sukses di kejuaraan bergengsi, termasuk merebut dua medali emas Olimpiade dan dua gelar juara dunia.

Sementara itu, Lee Chong Wei berhasil merebut 47 gelar BWF Superseries/World Tour dan bertahan di nomor satu dunia nomor tunggal putra selama 349 pekan. Taufik pun mempertanyakan keputusan BWF.

Lee Chong Wei mengaku tidak pernah berbicara dengan pihak BWF terkait namanya masuk Hall of Fame.

"Saya tidak pernah menekan BWF untuk memasukkan nama saya ke dalam Hall of Fame. Saya tidak menyadari hal itu sampai BWF mengirim surat ke saya," ucap Lee Chong Wei.

"Saya tidak tahu apakah Taufik tidak senang atau marah setelah dia tidak terpilih. Dia belum berbicara kepada saya tentang hal itu. Saya tidak mengerti mengapa dia menyerang saya," pungkas Lee Chong Wei.sinpo

Komentar: