Survei Indikator: Prabowo Unggul Head to Head Lawan Ganjar Atau Anies

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 04 Juni 2023 | 16:56 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id - Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei terbaru mereka pada Minggu, 4 Juni 2023. Dalam survei tersebut, nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul dalam simulasi head to head pada Pilpres 2024.

Adapun simulasi Head to Head ini, Prabowo dihadapkan dengan nama capres yang beredar kekinian yakni, Ganjar Pranowo dari PDIP dan Anies Baswedan dari koalisi NasDem-PKS.

Peneliti IPI, Burhanudin Muhtadi menjelaskan survei ini dilakukan dengan pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan total 1.230 responden.

"RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak," kata Burhanudin dalam konferensi persnya, Minggu, 4 Juni 2023.

Adapun margin of error survei diperkirakan ± 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random Sampling.

"Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang
dilatih," kata Burhanuddin.

Pada simulasi head to head, nama Prabowo terlihat sangat digdaya lantaran unggul jauh saat dihadapkan dengan capres lain.

Pada simulasi Prabowo berhadapan dengan Ganjar, Menteri Pertahanan RI itu unggul dengan 50,5 persen sedangkan sang Gubernur Jateng hanya 39,3 persen.

Sementara jika Prabowo dihadapkan dengan Anies, perbedaan elektabilitasnya makin terasa dimana Prabowo mendapat 56,8 persen sedangkan sang Gubernur DKI Jakarta hanya 26,5 persen.
sinpo

Komentar: