Survei SRS: Elektabilitas Prabowo 43,8 Persen, Ganjar dan Anies Tertinggal Jauh

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 04 Juni 2023 | 20:04 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei bertajuk " Pendapat Masyarakat Jawa Timur Terhadap Isu-isu Nasional dan Capres-Cawapres Jelang Pemilu 2024 pada Minggu, 4 Juni 2023.

Dalam survei tersebut, nama capres unggulan koalisi Gerindra-PKB, Prabowo Subianto menjadi yang paling unggul ketimbang capres lain.

Peneliti SRS, Fishya Amina Elvin memaparkan bahwa Prabowo meraup suara paling banyak dari 1.000 orang responden.

"Sebanyak 43,5 persen responden mengaku memilih Prabowo, kemudian 38,5 persen mengaku memilih Ganjar dan12,8 persen menjatuhkan pilihan pada Anies. Sebanyak 5,2 persen responden menyatakan belum punya pilihan (undecided)," kata Fishya dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Minggu, 4 Juni 2023.

Lebih jauh Fishya menjelaskan penyebab tingginya elektabilitas Prabowo di Surabaya. Berdasarkan hasil survei SRS, Prabowo menjadi salah satu tokoh yang kebal dari isu negatif yang kerap dihembuskan kubu lawan.

"Menguatnya elektabilitas Prabowo juga dipengaruhi oleh perubahan persepsi publik terhadap sosok Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Isu-isu negatif (blackcampaign) yang terus diekspose oleh lawan-lawan politik ternyata tidak lagi efektif mempengaruhi opini publik terhadap sosok Prabowo," kata Fishya.

Sebaliknya, kata Fishya, Prabowo semakin memperoleh simpati dan empati dari publik luas, baik karena kinerjanya yang sangat baik sebagai Menteri Pertahanan maupun kepribadiannya sebagai negarawan yang semakin matang dan konsisten

"Prabowo dinilai sebagai sosok yang mengutamakan kepentingan nasional di atas segalanya. Ini semua terpantau dari analisis media monitoring yang dilakukan SRS secara periodik, dimana sentimen negatif terhadap Prabowo lebih rendah dari Ganjar dan Anies, sementara sentimen positif terhadap Prabowo selalu yang tertinggi," kata Fishya.sinpo

Komentar: