Piala Asia U-23 2024

Stadion Manahan Solo Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia 2024

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 05 Juni 2023 | 01:58 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan (PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan (PSSI)

SinPo.id -  Stadion Manahan Solo akan menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U23 AFC 2024 pada 4-12 September. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan Stadion Manahan Solo sudah layak mementaskan laga internasional berdasarkan inspeksi pada Maret 2023 lalu.

"Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat," kata dia, seperti dilansir laman PSSI.org pada Minggu 4 Juni 2023. 

Timnas Indonesia U-23 berada di Grup K dalam babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang digelar pada  4-12 September mendatang. Skuat Garuda Nusantara berada satu grup bersama dengan Turkmenistan dan Chinese Taipei.

"Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA. Begitu pula suporter Persis yang tak cuma banyak, juga pasti siap mendukung Timnas. Jadi tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepakbola Indonesia," ujarnya.

Garuda Nusantara akan menjadi tuan rumah saat melawan Turkmenistan dan Chinese Taipei. Putaran final Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Babak kualifikasi Piala Asia U-23 2024 akan diikuti 43 tim dan  memperebutkan 16 posisi di putaran final. Qatar sebagai tuan rumah sudah dipastikan lolos meski juga akan tampil di babak kualifikasi.

Sebanyak 11 tim juara grup akan lolos otomatis, sedang empat tim lainnya akan diperebutkan melalui peringkat dua terbaik. Hingga saat ini, Indonesia belum pernah bermain di putaran final Piala Asia U-23.

Erick berharap perhelatan Kualifikasi Grup K yang berisikan Indonesia, Turkmenistan, dan China Taipei tak cuma menghasilkan prestasi bagi timnas dengan lolos ke putaran final Piala Asia U23 AFC 2024 di Qatar. Tapi juga harus berdampak positif bagi pertumbuhan sektor ekonomi, UMKM, merchandise, kesiapan fasilitas, serta budaya menonton yang tertib, nyaman, dan aman.

"Stadion ini salah satu dari 22 gelanggang yang direnovasi pemerintah agar sesuai standar FIFA. Sesuai pula dengan arahan Presiden Jokowi dan juga blue print PSSI untuk menyiapkan stadion berkualitas demi kepentingan laga internasional, nasional dan liga 1 serta liga 2. Dengan makin banyak stadion kita yang punya kualifikasi FIFA, maka ajang nasional dan internasional akan lebih mudah digelar. Dampaknya, sektor ekonomi tumbuh, UMKM terlibat, sekaligus muncul budaya menonton yang tertib, aman, dan nyaman," jelas Erick.

The U-23 Indonesian National Team is in Group K in the 2024 U-23 Asian Cup Qualification round which will be held on September 4-12. The Garuda Nusantara team is in the same group as Turkmenistan and Chinese Taipei.sinpo

Komentar: