Kadispenad: Helikopter TNI AD Jatuh di Bandung Diduga karena Cuaca Buruk

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 05 Juni 2023 | 04:32 WIB
Ilustrasi. Helikopter TNI AD
Ilustrasi. Helikopter TNI AD

SinPo.id -  Kadispenad TNI AD, Brigjen Hamim Tohari, mengatakan helikopter jenis BEL 412 milik TNI AD jatuh  di Kampung Bayongbong Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung karena faktor cuaca buruk.
Hal itu disampaikan berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh TNI AD. 

"Penyebab dominannya adalah aspek cuaca di wilayah tersebut yang ditutupi kabut dan hujan rintik-rintik. Kondisi cuaca ekstrim tersebut telah mengakibatkan pesawat akhirnya jatuh," tuturnya dalam keterangan yang diterima pada Minggu 4 Juni 2023.

Saat kejadian itu, kata dia, helikopter tengah melakukan latihan dropping logistik. Kemudian saat ketinggian 6.500 kaki, pilot merasakan nose up dan kecepatan pesawat mulai berkurang. Kondisi pesawat kemudian semakin menurun. Hal tersebut yang membuat pesawat akhirnya terjatuh.

"Beberapa detik kemudian Pesawat terkena down draff (hentakan ke bawah) dan kehilangan ketinggian. Captain pilot berusaha menstabilkan posisi pesawat agar tetap dalam keadaan level. Posisi Heli turun dari ketinggian 6.100 ke 5.400 ft dengan VSI 2.000 FPM," tambahnya
 sinpo

Komentar: