Buruh Demo di Patung Kuda-DPR Hari Ini, Arus Lalin Dialihkan

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 05 Juni 2023 | 10:51 WIB
Ilustrasi.  Ribuan buruh menggelar aksi demonstrasi dalam peringatan Hari Buruh Internasional 2023 di Patung Kuda, Jakarta pada 1 Mei 2023. (SinPo.id/Khaerul Anam)
Ilustrasi. Ribuan buruh menggelar aksi demonstrasi dalam peringatan Hari Buruh Internasional 2023 di Patung Kuda, Jakarta pada 1 Mei 2023. (SinPo.id/Khaerul Anam)

SinPo.id - Polisi mengalihkan arus lalu lintas dari arah Patung Arjuna Wijaya atau Kuda menuju Istana Negara, Jakarta Pusat (Jakpus) imbas unjuk rasa yang dilakukan oleh massa buruh pada Senin, 5 Juni 2023 hari ini. Pengalihan arus juga berlaku untuk arah sebaliknya, dari arah Istana Negara menuju ke Patung Kuda.

"Saat ini sedang proses pengalihan. (Jalan) Medan Merdeka Barat kita alihkan," ucap Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komaruddin saat dihubungi pada Senin, 5 Juni 2023.

Ia menyebut ada 2.432 personel yang disiagakan menjaga titik aksi di Jakarta Pusat hari ini termasuk di depan Gedung DPR RI dan Patung Kuda.

Sementara itu, di depan Gedung DPR sendiri, rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Saat massa datang, arus lalu lintas sempat tersendat dan kendaraan harus dialihkan ke busway.

Sebagai informasi, massa yang melakukan aksi unjuk rasa di Patung Kuda dari Partai Buruh dan Serikat Buruh. Rencananya mereka akan longmarch menuju gedung Mahkamah Konstitusi untuk menagih hasil sidang kedua uji formil omnibus law RUU Cipta Kerja.

Kemudian, massa yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR dari 5 organisasi profesi medis dan kesehatan (PB IDI, PPNI, IBI, PDGI, dan IAI). Mereka menolak terkait Omnibus Law RUU Kesehatan.

Komarudin mengimbau masyarakat untuk menghindari ruas jalan yang digunakan aksi unjuk rasa agar tidak terjebak kemacetan. Pihak kepolisian juga mengimbau massa aksi untuk melakukan aksi unjuk rasa sesuai aturan yang ada.

"Jadi masyarakat diimbau menghindari jalur tersebut. Kemudian untuk para pengunjuk rasa silakan sampaikan pendapat secara tertib, dan kami dari kepolisian siap memberikan pengawalan dan pelayanan jalannya aksi atau aktivitas masyarakat," tuturnya.sinpo

Komentar: