Wamenkeu: Ekonomi Indonesia Lebih Cepat Pulih dari Covid-19 Dibanding Negara Lain

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 05 Juni 2023 | 14:37 WIB
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara. (SinPo.id/Dok. Kemenkeu)
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara. (SinPo.id/Dok. Kemenkeu)

SinPo.id - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, mengatakan perekonomian Indonesia dan India termasuk yang cepat pulih dari pandemi Covid-19 dibandingkan dengan negara lainnya.

Pasalnya, Covid-19 telah mempengaruhi seluruh perekonomian dunia secara signifikan. Membuat perekonomian di sejumlah negara turun ke bawah. Ditambah dengan adanya konflik geopolitik antara Ukraina dan Rusia.

"Namun yang ingin kami sampaikan di sini adalah perekonomian Indonesia, Tiongkok, dan India itu adalah perekonomian yang termasuk cepat pulih dari Covid-19, terutama Indonesia dan India," kata Wamenkeu dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Senin 5 Juni 2023.

"Ini tentu tidak lepas dari kebijakan fiskal Indonesia yang sangat baik, yang kalau kita bandingkan dengan beberapa negara lain di sebelah kiri ketika terjadi Covid maka yang berdiri di depan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi adalah keuangan negara," imbuhnya.

Wamenkeu menjelaskan, sebelum Covid-19 mewabah di 2018, defisit Indonesia berada di bawah 2 persen, dan ketika terjadi Covid, defisit dinaikkan menjadi 6,1 persen. Sementara defisit di beberapa negara lain mencapai belasan persen.

"Yang mau saya sampaikan di sini adalah, ketika memasuki pemulihan, Indonesia termasuk yang paling cepat menurunkan angka defisit," ungkapnya.

Karena ketika defisit negara-negara lain masih ada di sekitar 5 persen, dan Tiongkok bahkan kembali melebarkan defisitnya ke 7,5 persen, Indonesia pada tahun 2022 lalu, telah dapat membuat defisitnya turun ke angka 2,4 persen dari PDB.sinpo

Komentar: