Bertemu Empat Mata dengan Menhan Australia, Prabowo Bicara Kerja Sama Pertahanan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 05 Juni 2023 | 17:37 WIB
Prabowo Subianto saat bertemu dengan Menhan Australia Richard Marles (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Prabowo Subianto saat bertemu dengan Menhan Australia Richard Marles (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles di Kemhan, Jakarta, Senin, 5 Juni 2023.

Richard bersama delegasinya tiba sekitar pukul 11.59 WIB dan disambut langsung oleh Prabowo dengan jajar kehormatan di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan RI.

Setelah mendengar lagu kebangsaan masing-masing negara, Prabowo kemudian mengajak Marles melakukan meletakkan karangan bunga di Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam untuk menghormati jasa pahlawan.

Richard dan Prabowo kemudian saling bergantian memperkenalkan delegasi masing-masing, sebelum melanjutkan pertemuan empat mata secara tertutup yang membicarakan kerja sama pertahanan kedua negara. Dalam pertemuan, Prabowo menilai hubungan Australia dan Indonesia ini didukung oleh rasa saling percaya, transparansi, dan komitmen bersama terhadap kawasan Indo-Pasifik yang stabil, damai, tangguh, dan makmur. 

“Kerja sama Indonesia bersama Australia dapat memberikan kontribusi penting bagi perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Prabowo. 

Salah satu kerja sama pertahanan yang terjalin antara Indonesia dan Australia adalah dalam bidang pendidikan, yang termasuk pengiriman empat taruna AKMIL ke Australia selama 18 bulan yang dimulai bulan Februari 2022 untuk mengikuti pendidikan di Defence Force Academy (ADFA) dan Royal Military College (RMC) Duntroon.

Pemerintah Australia juga akan menghibahkan Rantis Bushmaster kepada Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI) yang penerimaannya sudah disetujui oleh DPR RI pada 3 April lalu. Kedua Menhan sebelumnya sempat bertemu dalam Pertemuan 2+2 Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Indonesia-Australia di Canberra, Australia, pada 8 Februari 2023.

Kala itu kedua pihak membahas dinamika dan kompetisi antara kekuatan-kekuatan utama serta keamanan maritim di kawasan ASEAN maupun Pasifik. Indonesia mengajak Australia agar bersama-sama menjadi kekuatan yang saling mendukung dalam menjaga kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera.sinpo

Komentar: