LSI Denny JA: Ada atau Tanpa Anies, Prabowo Tetap Menang dari Ganjar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 05 Juni 2023 | 20:59 WIB
Prabowo Subianto di IISS Shangri-La Singapura (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Prabowo Subianto di IISS Shangri-La Singapura (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Lembaga survei LSI Denny JA merilis hasil survei calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tetap menang jika pilpres terdiri dari dua atau tiga capres.

Peneliti LSI Ade Mulyana menjelaskan ada tidaknya Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 tak berpengaruh siginifikan terhadap suara Prabowo. Ade bahkan menyebut jika Anies tidak maju maka hasil pertarungan antara Prabowo dengan Ganjar Pranowo tetap akan dimenangkan Prabowo dengan angka telak, yakni 50,4 persen, selisih 7,2 persen pemilih.

"Kemenangan Prabowo atas Ganjar lebih telak," kata Ade dalam konferensi pers pemaparan hasil survei, Jakarta, Senin, 5 Juni 2023.

Selain itu, kata Ade, berdasarkan survei mayoritas suara pemilih Anies akan bermigrasi ke Prabowo dengan perolehan suara sebesar 50,8 persen. Sementara itu, Ganjar hanya mendapatkan perpindahan suara sebesar 25,4 persen.

Di sisi lain, Ade membeberkan alasan survei ini dilakukan. Dia menyebut survei itu untuk mengakomodir jika Anies gagal tiket capres berdasarkan perkembangan yang terjadi dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Apalagi, saat ini dua partai pengusung Anies, yaitu Partai Demokrat dan Partai NasDem tengah berurusan dengan hukum. Pertama, gugatan kepengurusan Partai Demokrat yang masih berjalan di Mahkamah Agung (MA).

"Kalau putusan MA mengesahkan Moeldoko berarti dukungan yang diberikan pimpinan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) ke Anies ini berubah. Kedua, kasus yang menerpa Partai NasDem, ada salah satu Sekjen partai yang menjabat (eks) Menkominfo ini tersandung kasus BTS," kata Ade.

Sementara itu, terkait ke mana partai koalisi Anies berpindah, Ade berpendapat KPP akan bergabung pada koalisi pengusung Prabowo Subianto.

"PKS, Demokrat dan NasDem kecil kemungkinan gabung ke PDIP, besar kemungkinan gabung ke Prabowo," kata Ade.

Berikut hasil survei jika ada tiga capres dan suara Prabowo melawan Ganjar jika Anies batal jadi capres:

Head to head Prabowo-Ganjar

Prabowo Subianto: 50,4 persen
Ganjar Pranowo: 43,2 persen
TT/TJ: 6,4 persen

Dukungan tiga capres

Prabowo Subianto: 33,9 persen
Ganjar Pranowo: 31,9 persen
Anies Baswedan: 20,8 persen
TT/TJ: 13,4 persen

Survei ini digelar pada 3 hingga 14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei diambil dengan metode multi-stage random sampling. Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error survei +- 2,9 persen.sinpo

Komentar: