Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Internasional 29 Pakar Antariksa

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 07 Juni 2023 | 11:31 WIB
Alfiano Tamala (Sinpo.id/Twitter @bentpad)
Alfiano Tamala (Sinpo.id/Twitter @bentpad)

SinPo.id -  Deputy Chief of Mission KBRI/PTRI Wina, A. Alfiano Tamala, menyampaikan Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan internasional ke-29 para pakar antariksa di Kawasan Asia-Pasifik. Pertemuan tersebut rencananya akan digelar pada tanggal 19 sampai 22 September 2023.

Nantinya, para pakar antariksa di kawasan Asia- Pasifik tersebut akan membahas tema “Accelerating Space Economies through Regional Partnership". 

"Indonesia telah keluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2023 pada Februari lalu mengenai Penguasaan Teknologi Antariksa," kata Alfiano, Rabu 7 Juni 2023.

Menurutnya, regulasi tersebut memiliki lingkup materi pengaturan penguasaan dan perlindungan teknologi keantariksaan, standar dan prosedur keamanan, keselamatan dalam penguasaan teknologi keantariksaan, serta peran masyarakat dalam penguasaan teknologi keantariksaan. 

Meski demikian, kata Alfiano, diperlukan adanya kerja sama teknis di bidang peningkatan sumber daya manusia dalam penggunaan teknologi antariksa bagi keperluan damai seperti misalnya di bidang kesehatan, telekomunikasi, cuaca dan perubahan iklim. sinpo

Komentar: