DPR Bakal Perjuangkan Penambahan Anggaran KPK dan PPATK

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 08 Juni 2023 | 08:28 WIB
Pangeran Khairul Saleh (Sinpo.id/DPR)
Pangeran Khairul Saleh (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Komisi III DPR RI menegaskan siap memperjuangkan penambahan anggaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Total penambahan anggaran untuk KPK sebesar Rp1,09 triliun.

"Akan memperjuangkan usulan tambahan yang diajukan sebesar Rp249,66 miliar, sehingga total pagu anggaran menjadi Rp1,34 triliun," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh dalam rapat kerja bersama KPK dan PPATK, Kamis, 8 Juni 2023.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri memaparkan usulan penambahan anggaran tersebut untuk membiayai sembilan program unggulan KPK. Antara lain politik cerdas berintegritas, Pilkada bersih dan berintegritas, dan PAKU berintegritas.

Kemudian, melanjutkan program desa antikorupsi, program kabupaten dan kota antikorupsi, penyuluhan antikorupsi dan ahli pembangunan integritas, jelajah negeri bangun antikorupsi, anti corruption film festival dan program anti corruption summit 2024.

Sedangkan, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana menjelaskan usulan tambahan anggaran itu untuk mendanai sejumlah program di lembaganya. Di antaranya pengawalan Pemilu, pemenuhan dan pembaharuan sarana dan prasarana, peningkatan infrastruktur, tata kelola keamanan teknologi informasi. 

Selanjutnya, revitalisasi budaya organisasi dan penguatan human capital PPATK, penguatan lembaga Diklat APUPPT dan edukasi publik serta pengukuran efektivitas dan kualitas integritas pihak pelapor.

Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja besama Kepala BNPT dan BNN. Rapat kali ini beragendakan pembahasan rencana kerja anggaran (RKA) dan rencana kerja pemerintah (RKP) kementerian/lembaga tahun 2024.sinpo

Komentar: