Polandia Siap Bikin Koalisi Untuk Bantu Ukraina Jika NATO Masih Bergeming

Laporan: Rias Audis
Jumat, 09 Juni 2023 | 10:58 WIB
Para tentara yang bergerak di bawah benera NATO (Sinpo.id/Getty Images)
Para tentara yang bergerak di bawah benera NATO (Sinpo.id/Getty Images)

SinPo.id -  Beberapa negara NATO, termasuk Polandia tengah mempertimbangkan untuk mengerahkan pasukan di Ukraina, jika negara itu tak kunjung mendapat jaminan keamanan dari negara-negara besar seperti Amerika Serikat.

Sekretaris jenderal NATO, Anders Rasmussen selama lima tahun terakhir mengatakan bahwa Ukraina harus mendapatkan jaminan keamanan tertulis dari negara-negara NATO untuk pembagian intelijen, pelatihan militer, dan pasokan senjata lebih lanjut menjelang pertemuan puncak aliansi di Vilnius bulan depan.

Rasmussen mengatakan Polandia kemungkinan akan bersedia untuk menggalang dukungan militer untuk Ukraina.

“Saya pikir Polandia akan secara serius mempertimbangkan untuk masuk dan mengumpulkan koalisi jika Ukraina tidak mendapatkan apa pun di Vilnius,” ungkap Rasmussen dalam komentarnya yang dimuat oleh The Wali.

Jika NATO tidak juga mmeberi jalan keluar, maka tidak menutup kemungkinan negara anggota secara individu akan mengambil tindakan.

“Kita tidak boleh meremehkan perasaan orang Polandia, orang Polandia merasa bahwa sudah terlalu lama Eropa Barat tidak mendengarkan peringatan mereka terhadap mentalitas Rusia yang sebenarnya.” ungkap Rasmussen lebih lanjut.

Rasmussen, yang dalam beberapa bulan terakhir telah bertindak sebagai penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga mengungkapkan, jika permasalahan  NATO akan tetap dibahas dalam agenda di Vilnius bahkan jika Ukraina memenangkan jaminan keamanan yang nyata.sinpo

Komentar: