DPR Paparkan RKP 2024 Dalam Raker Bersama Pemerintah

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 09 Juni 2023 | 12:07 WIB
Said Abdullah (Sinpo.id/DPR)
Said Abdullah (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah memaparkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2024 dengan sejumlah bauran kebijakan, dalam rapat kerja (raker) bersama pemerintah.

Adapun para menteri yang hadir, yakni Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dalam rapat tersebut, Said meminta pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, nasional, mutu pendidikan, dan kesehatan masyarakat. Pasalnya, harapan hidup masyarakat Indonesia

"Tingkat harapan hidup di Indonesia berada di peringkat ke-115 di dunia, dengan skor 71,85. Sementara negara lain memiliki harapan tertinggi, seperti Jepang dan Singapura yang memiliki skor di atas 80. Ini jadi tantangan serius," paparnya.

Kemudian Banggar juga menyoroti pentingnya transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan. Karena dengan transisi energi, Indonesia dapat keluar dari persoalan energi fosil yang membuat APBN berdarah-darah saat harga minyak dunia melambung.

"Ekosistem mobil dan motor listrik harus nyata prosgresnya pada tahun-tahun yang akan datang," jelasnya.

Selain itu, Said juga menekankan agar pesta demokrasi pada 2024 diharapkan berjalan demokratis, lancar, aman, dan damai. Sehingga tidak ada segregasi sosial yang dapat merusak persatuan bangsa dan negara.

"Penegasan cawe-cawe dalam Pemilu 2024 oleh presiden sebenarnya keinginan beliau memastikan tidak terjadi segregasi sosial yang tajam yang rentan mengoyak persatuan nasional kita," tandasnya.sinpo

Komentar: