Kolaborasi DPR dan Media Penting Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 09 Juni 2023 | 23:18 WIB
Ilustrasi UMKM (SinPo.id/ iStock)
Ilustrasi UMKM (SinPo.id/ iStock)

SinPo.id - Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Suprihartini mengungkapkan pentingnya kolaborasi antara DPR RI dengan media dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pariwisata di suatu daerah.

Suprihartini menyebut kolaborasi yang dilakukan DPR, media, dan pemerintah daerah ini bersifat timbal balik dan saling menyokong satu sama lain. Menurut dia, ada beragam cara kolaborasi yang dapat dilakukan.

Misalnya, Parlemen yang memiliki tugas menampung aspirasi dari masyarakat. Selain bertemu dengan masyarakat, DPR RI mendapatkan tambahan aspirasi dari pemberitaan media yang mengabarkan secara riil kondisi di lapangan.

"Tentu peran media, dalam memberitakan kebutuhan masyarakat untuk mendorong ekonominya sangat krusial disitu," kata Suprihartini dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI dengan tema ‘Peran Aktif Media dan DPR RI dalam Menumbuhkan Ekonomi Lokal melalui UMKM dan Pariwisata’ di Malang, Jawa Timur, Jumat, 9 Juni 2023.

Suprihartini menjelaskan kolaborasi yang dilakukan juga selaras dengan fungsi Parlemen sebagai pengawas jalannya pemerintahan. Dia menyebut berbagai aspirasi yang ditampung akan jadi acuan DPR RI dalam mendorong kerja pemerintah agar lebih baik lagi.

Seperti, lebih mampu mendorong sektor UMKM dan pariwisata lokal. Supaya seluruh sektor itu bergerak bagi kesejahteraan rakyat.

"Lewat kerja-kerja pengawasan tersebut, alangkah baiknya publik dapat mengetahui seluas-luasnya kinerja kedewanan itu. Peran media sekali lagi krusial, dalam memberitakan kerja-kerja lembaga parlemen ini, selain diketahui publik juga menjadi pelecut kerja pemerintahan kita," kata dia.

Dia mengatakan berbagai fungsi DPR RI ini tentu tidak bisa maksimal jika dilakukan sendirian. Oleh karenanya, dia menyebutkan pentingnya fungsi media dalam membantu menjalankan berbagai fungsinya tersebut.

"Bahwa rekan-rekan media juga dapat jadi supporting system pula bagi DPR RI, dengan mendorong pemberitaan kinerja kedewanan ke tengah publik," kata dia.

Acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI ini merupakan kolaborasi antara Biro PP Setjen DPR RI dengan KWP. Hadir dalam kesempatan ini antara lain Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI, Suprihartini; Kepala Biro Pemberitaan Parlemen, Indra Pahlevi; Ketua KWP DPR RI, Ariawan. Sementara itu, sesi diskusi dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto; dan Anggota DPRD Kabupaten Malang, Tantri Bararoh.sinpo

Komentar: