Temuan Bunker Narkoba di Kampus Makassar

Anggota Komisi III DPR Minta Kemenkumham Tindak Tegas Terkait Bungker Narkoba di Kampus Makassar

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 10 Juni 2023 | 18:07 WIB
Lokasi bungker narkoba di Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (FBS UNM). (SinPo.id/Dok. Istimewa)
Lokasi bungker narkoba di Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (FBS UNM). (SinPo.id/Dok. Istimewa)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi meminta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menindak tegas temuan dugaan bungker narkoba di salah satu kampus di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Andi Rio mempertanyakan dugaan keberadaan bungker narkoba di dalam kampus tersebut merupakan jaringan dari dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) di Sulsel. Hal ini, kata dia, menunjukkan bahwa lembaga pemasyarakatan (lapas) belum menjadi tempat yang memberikan efek jera.

“Kemenkumham harus bertanggung jawab dalam hal ini. Berikan sanksi berat dan sikap tegas terhadap jajarannya yang terlibat. Jangan sampai image lapas menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para bandar narkoba dalam mengendalikan dan mengedarkan narkoba dari dalam lapas,” kata Andi dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu, 10 Juni 2023.

Andi prihatin dengan temuan Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel tersebut. Menurutnya, kondisi ini menjadi bukti bahwa jaringan narkoba tidak bisa ditolerir.

“Ini bukti bahwa jaringan narkoba serius ingin merusak generasi bangsa di Indonesia. Hal ini tidak dapat ditolerir serta harus diberantas secara serius oleh negara," kata Andi.

Dia mendorong Kemenkumham dan pihak kampus dapat bekerja sama membantu pihak kepolisian dalam mengungkap dan menyelesaikan kasus ini. Andi Rio mengatakan kasus ini perlu dibuka secara transparan dan akuntabel.

"Kasus pengendalian narkoba dari dalam lapas bukanlah hal yang pertama terjadi. Ini masalah klasik dari zaman dahulu. Polda Sulsel harus mengungkap motif dan menelusuri siapa saja yang bermain terhadap peredaran aksi jual beli di lingkungan kampus," ucapnya.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Narkoba Polda Sulsel mengungkap temuan bungker penyimpanan narkoba pada salah satu kampus ternama di wilayah Kota Makassar.

"Bungkernya ada brankas untuk penyimpanan barang bukti dan transaksi narkoba. Pengakuan terakhir (pelaku) sebenarnya sudah masuk tiga kilogram di situ dan sudah beredar cukup lama," ungkap Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Dodi Rahmawan saat rilis kasus disertai tersangka di Mapolda Sulsel, Makassar pada Kamis, 8 Juni 2023.

Selain itu, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel diketahui ikut menyelidiki dugaan temuan bungker narkoba tersebut.

"Pastilah diselidiki, kami tidak terpisah dengan Polda, kami lidik juga. Cuma kepastian, saya belum berani ekspos karena masih dalam pengembangan," ujar Kepala BNNP Sulsel Brigadir Jenderal Polisi Ghiri Prawijaya saat dikonfirmasi wartawan di Makassar, Jumat, 9 Juni 2023.sinpo

Komentar: