Beton Blokade Diangkat, Pejalan Kaki Kini Bisa Melintas di Trotoar Depan Kedubes AS

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 10 Juni 2023 | 18:50 WIB
Pejalan kaki sudah bisa melewati trotoar di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Sabtu, 10 Juni 2023. (SinPo.id/Antara)
Pejalan kaki sudah bisa melewati trotoar di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Sabtu, 10 Juni 2023. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengangkat beton yang memblokade akses trotoar di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Jumat, 9 Juni 2023 malam. Pejalan kaki kini sudah bisa melintasi trotoar di depan Kedubes AS.

"Dilakukan jam 22.00 sampai 23.00 WIB,   pengangkatan (beton) MCB (moveable concrete barrier)," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono seperti dikutip Antara pada Sabtu, 10 Juni 2023.

Pengangkatan beton MCB tersebut, kata Heru dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI.

"Disaksikan juga keamanan Kedubes AS," ujar Heru.

Sebelumnya, Heru mengatakan telah berkoordinasi dengan Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri terkait pembongkaran blokade tersebut.

"Saya sudah bicara dengan Pak Dirjen Amerop (Direktorat Jenderal Amerika Eropa Kementerian Luar Negeri), sedang dikomunikasikan dengan baik oleh Kemenlu ke Kedubes AS," jelas Heru.

Begitupun Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Y Kim mengatakan, bersedia membuka penutup trotoar di depan kantornya dan siap berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia. 

"Aksesibilitas, keamanan, dan 'walkability' adalah faktor pertimbangan penting untuk kota besar seperti Jakarta. Kami menyambut baik dan menantikan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk pembukaan kembali trotoar di depan Kedubes AS," kata Sung Y Kim seperti dikutip lewat akun Twitter resminya @USAmbIndonesia, Selasa.

Sebelumnya, trotoar di depan Kedubes AS itu sudah sejak lama ditutup dengan besi, beton dan kawat berduri sehingga tak bisa dilewati pejalan kaki.sinpo

Komentar: