Lagi, Tiga WNI Berhasil Dievakuasi dari Wilayah Konflik di Sudan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 22 Juni 2023 | 19:38 WIB
Konflik di Sudan (SinPo.id/ Getty Images)
Konflik di Sudan (SinPo.id/ Getty Images)

SinPo.id - Tiga warga negara Indonesia (WNI) akhirnya dapat kembali dipulangkan ke tanah air dari wilayah konflik di Sudan. Ketiganya berhasil diupayakan evakuasi oleh Tim KBRI dari Khartoum ke safe house, atau tempat yang lebih aman.

Sebelumnya, mereka memang memilih untuk tidak ikut program evakuasi WNI dan memaksa untuk tetap tinggal di Sudan. Namun karena situasi keamanan terus memburuk, dan konflik semakin meluas, KBRI Khartoum langsung mengevakuasi ketiganya.

Menurut Duta Besar RI untuk Sudan, Sunarko, ketiga WNI tersebut telah berada di Sudan selama belasan tahun. Bahkan salah satu dari mereka telah tinggal di Sudan sejak 30 tahun lalu, untuk bekerja di sektor rumah tangga.

Oleh karena itu, ia berpesan untuk dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian, serta mengharapkan ketiga WNI itu dapat memulai hidup baru yang lebih baik di Indonesia.

"Kondisi tidak stabil saat ini menyebabkan sulitnya mencari penerbangan untuk pemulangan ke Indonesia," kata Sunarko, Kamis 22 Juni 2023.

Namun setelah beberapa hari menunggu, tim KBRI Khartoum akhirnya berhasil mendapatkan penerbangan untuk mereka pulang ke tanah air melalui Doha dan Kuala Lumpur. Saat kepulangan, mereka didampingi satu staf dari KBRI Khartoum.sinpo

Komentar: