PSSI Mulai Seleksi Pemain untuk Timnas U-17

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 05 Juli 2023 | 21:44 WIB
Seleksi Timnas U-17 (SinPo.id/ PSSI)
Seleksi Timnas U-17 (SinPo.id/ PSSI)

SinPo.id - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memulai seleksi para pemain potensial bagi Timnas Indonesia U-17 proyeksi Piala Dunia U-17. Seleksi dilakukan melalui program Garuda Select di Stadion Madya, Jakarta Rabu 5 Juli 2023.

Proses seleksi dipimpin langsung direktur teknik (Dirtek) Garuda Select, Dennis Wise, dirtek PSSI, Indra Sjafri dan pelatih tim U-17 Indonesia, Bima Sakti. Seleksi akan berlangsung selama tiga hari dari 132 pemain yang didatangkan.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dennis Wise terkait kebutuhan pemain untuk Timnas Indonesia U-17.

“Di hari pertama kami sudah melakukan komunikasi dengan Dennis Wise selaku direktur teknik program bahwa akan ada sinergi program antara seleksi yang dilakukan ini dan seleksi tim nasional. Setelah proses seleksi ini selesai dilakukan, kita memberikan pemain-pemain terbaik untuk timnas, kemudian untuk program Garuda Select," kata Indra Sjafri dikutip laman PSSI.

Indra menambahkan seleksi yang dilakukan melalui program Garuda Select bukan menjadi satu-satunya cara mendapatkan pemain terbaik. Namun, proses seleksi juga dilakukan melalui pemantauan langsung pemain saat mereka tampil di kompetisi.

“Pemilihan pemain tentu akan lebih akurat jika kita melakukan pemantauan di lapangan bukan dengan mengumpulkan banyak pemain dan memilih mereka dalam waktu hanya 2-3 hari. Tetapi, hal ini akan membantu bagi tim pelatih untuk melihat potensi dari para pemain yang sudah dipanggil untuk program Garuda Select ini” ujarnya.

Seleksi Garuda Select dilakukan dengan memainkan semua pemain dalam pertandingan internal berdurasi 2x20 menit. 132 pemain dibagi menjadi 12 tim, di mana setiap pemain diminta untuk menunjukkan permainan terbaiknya sesuai dengan posisi mereka masing-masing.

Kemudian, mereka yang terpilih nantinya akan masuk ke dalam skuad Garuda Select angkatan ke-6, dan para pemain terpilih akan menjalani latihan intensif di Britania Raya, Inggris.

Seperti diketahui, Program Garuda Select adalah salah satu gebrakan program dari PSSI sejak tahun 2019. Program pelatihan ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses seleksi pemain higga kepelatihan.

Adanya program pelatihan Garuda Select ini, diharapkan para pemain terpilih bisa mendapatkan sisi positif dari kultur sepakbola di Eropa serta membawa kemajuan dan peningkatan kualitas para pemain sepakbola di Indonesia.sinpo

Komentar: