PBB Temukan Kuburan Massal Berisi Puluhan Mayat di Sudan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 14 Juli 2023 | 10:41 WIB
Lokasi kuburan massal di Sudan (Sinpo.id/Africanews)
Lokasi kuburan massal di Sudan (Sinpo.id/Africanews)

SinPo.id -  PBB menemukan sebuah kuburan massal berisi sekitar 87 mayat, termasuk di antaranya mayat wanita dan anak-anak, di wilayah Sudan, tepatnya di Darfur Barat. Mereka diduga dibunuh oleh kelompok paramiliter dan sekutunya dari Sudan.

Menurut Kantor Hak Asasi Manusia PBB, mereka ditemukan di lubang sedalam satu meter, tepat di luar kota Geneina di provinsi Sudan. Sementara pasukan Dukungan Cepat (RSF) bertanggung jawab akan hal tersebut.

"Sekitar 37 jenazah pertama dimakamkan pada 20 Juni dan 50 jenazah lainnya ditempatkan di sana pada hari berikutnya. Beberapa berasal dari etnis suku Masalit Afrika," kata PBB, dilansir dari Sky News, Jumat 14 Juli 2023.

Beberapa orang meninggal dikarenakan menderita luka yang tidak diobati selama gelombang kekerasan oleh RSF dan pasukan militer Sudan pada hari-hari setelah pembunuhan gubernur setempat Khamis Abbakar. Sehingga, penduduk setempat terpaksa membuang mayat-mayat itu di area terbuka dekat kota.

Kuburan massal itu ditemukan ketika ketika para pemimpin dari enam negara tetangga Sudan bertemu di Kairo untuk pembicaraan perdamaian terkait dengan konflik yang meletus.

Pasalnya, pertumpahan darah dengan motif etnis telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir karena konflik antara faksi-faksi militer yang bersaing yang dimulai pada bulan April dan semakin intensif, hingga membawa negara itu ke ambang perang saudara skala penuh.

Akibat dari konflik tersebut, PBB menyebut bahwa ratusan orang telah tewas dan lebih dari tiga juta orang mengungsi.sinpo

Komentar: