Muhibah Budaya, Perkenalkan Tradisi Yogyakarta di Jawa Timur

Laporan: Rias Audis
Kamis, 20 Juli 2023 | 19:33 WIB
Muhibah Budaya Yogyakarta (SinPo.id/ Pemprov DIY)
Muhibah Budaya Yogyakarta (SinPo.id/ Pemprov DIY)

SinPo.id - Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menggelar kegiatan kebudayaan. Kali ini Pemprov DIY menggelar acara tahunan Muhibah Budaya. 

Tahun ini gelaran Muhibah Budaya difokuskan di dua daerah di wilayah Jawa Timur, yakni Kabupaten Tulungagung dan Kota Madiun. Muhibah Budaya tahun ini menghadirkan pameran dan workshop kebudayaan Mataram, Ngobrol Heritage, pelatihan pelestarian cagar budaya, workshop tari, workshop macapat, dan workshop busana Jawa Yogyakarta. 

Dalam kegiatan ini ada pula workshop grafis, pawijatan (pendidikan) Bahasa Jawa, klinik aksara serta pengenalan dan mewarnai aksara Jawa untuk anak.

"Kami juga menggelar pameran literasi dan penampilan maestro sastra, workshop digitalisasi aksara," ujar Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi.

Adapun di Kabupaten Tulungagung, aktivitas Muhibah Budaya akan digelar pada 24 Juli 2023 berupa pementasan persembahan tari keraron Yogyakarta. Sedangkan di Kota Madiun, Muhibah budaya akan berlangsung 20-25 Juli 2023. 

Dilansir dari website DIY, di samping kegiatan Muhibah Budaya 2023 tersebut, Pemprov DIY juga memberi hibah seperangkat gamelan perunggu, Laras Pelog Slendro Gagrak Yogyakarta sebanyak 48 item kepada Kempalan Keluarga Jogja (Kejogja) Kalimantan Selatan.

Seremonial serah terima hibah gamelan seharga kurang lebih Rp600 juta tersebut rencananya akan dilakukan pada 21 Juli 2023 di Banjarmasin oleh Wakil Gubernur DIY.sinpo

Komentar: