Prabowo Ajak Anak Muda Kembali Ingat Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 08 Agustus 2023 | 18:33 WIB
Menhan Prabowo Subianto. (Ashar/Foto:Tim Prabowo/Sinpo.id)
Menhan Prabowo Subianto. (Ashar/Foto:Tim Prabowo/Sinpo.id)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengajak anak muda untuk kembali mengingat sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa penjajahan hingga meraih kemerdekaan.

Hal tersebut, disampaikan Prabowo dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UPN Veteran Jakarta Tahun 2023, pada Selasa, 8 Agustus 2023. 

"Sebagai anak-anak muda, kalian harus mengerti sejarah bahwa bangsa kita, kepulauan kita daerah kita ratusan tahun yang lalu karena kaya selalu didatengi kekuatan-kekuatan luar yang masuk ke kawasan kita, seperti Portugis, Spanyol, blBelanda, Inggris, Jepang, Prancis dan masih banyak lagi," kata Prabowo dalam sambutannya.

Ia juga menceritakan bagaimana bangsa Indonesia pernah diperlakukan lebih rendah dari seekor anjing oleh para penjajah. Hal itu tertera dalam prasasti yang ditemukan di sejumlah tempat, yang ditulis dalam bahasa Belanda. 

"Saya cerita ini bukan untuk membenci orang belanda, tidak. Saya tidak pernah mengajak membenci siapa pun, saya hanya ingin cerita perjuangan untuk kalian hidup terhormat, bukan perjuangan ringan, perjuangan ratusan tahun, perjuangan meminta pengorbanan ratusan ribu rakyat kita," ungkapnya. 

Namun berkat perjuangan bangsa, Indonesia saat ini telah menjadi negara yang sangat besar. Sehingga menjadi pasar ekenomi ke-4 terbesar di dunia. Terlebih Indonesia memiliki letak geografis yang strategis di antara dua samudera, yakni Pasifik dan Hindia dan dua benua, yakni benua Asia dan Australia.

"Sebentar lagi kita akan jadi bagian dari G10, G9, dan diramalkan oleh indikator dan pakar dunia kita akan menjadi negara ekonomi Ke-4 ekonomi terbesar, bayangkan!" Paparnya. 

Oleh karena itu, Prabowo mengingatkan anak-anak muda untuk tidak melupakan sejarah, dan perjuangan para pahlawan Indonesia yang telah membuat rakyat Indonesia dapat hidup dengan nyaman saat ini.sinpo

Komentar: