DPR Minta Perum Bulog Manfaatkan PMN untuk Capai Ketahanan Pangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 30 Agustus 2023 | 15:28 WIB
Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI, Anis Byarwati (SinPo.id/ Parlementaria)
Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI, Anis Byarwati (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI, Anis Byarwati, meminta Perum Bulog untuk memanfaatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diperoleh untuk mencapai ketahanan pangan.

Menurutnya, PNM tersebut seharusnya digunakan untuk mengupayakan perbaikan infrastruktur pendukungsecara menyeluruh. Salah satunya dengan melakukan revitalisasi gudang penyimpanan.

"Gudangnya (milik Perum Bulog) itu sudah dari tahun 80-an dan sudah sangat tidak layak. Padahal gudang itu penting sekali untuk bisa menyimpan atau menampung stok beras masyarakat. Saya minta Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN memperhatikan isu ini," kata Anis, dikutip Rabu 30 Agustus 2023.

Pasalnya, gudang yang dimiliki Bulog saat ini masih tergolong konvensional dengan kemampuan penyimpanan hanya sekitar 1.300 ton. Jika gudang-gudang itu dipaksakan untuk tetap digunakan menyimpan beras, maka akan mempercepat penurunan mutu.

Senada dengan pernyataan Anis, anggota BAKN DPR RI, Misbakhun, juga mendorong Perum Bulog agar memanfaatkan PMN dengan melakukan revitalisasi gudang penyimpanan. 

Karena tanpa upaya tersebut, Misbakhun mengatakan akan sulit untuk memperoleh kepercayaan masyarakat. Karena gudang-gudang yang saat ini ada tidak sesuai dengan tuntutan.

"Harusnya gudang (penyimpanan) itu sudah harus modern. Gudang yang sekarang itu tidak sesuai dengan tuntutan saat ini. Apalagi kan, tugas Bulog itu menampung beras dan didistribusikan ke rakyat. Maka harus segera perbaiki gudang," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: