Bertolak Ke India, Jokowi akan Hadiri KTT G20 di New Delhi

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 08 September 2023 | 20:49 WIB
Presiden Jokowi Bertolak Ke New Delhi India, Hadiri KTT G20. (SinPo.id/Setkab)
Presiden Jokowi Bertolak Ke New Delhi India, Hadiri KTT G20. (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke New Delhi, India untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20, pada Jumat 8 September 2023.

KTT G20 India akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 9-10 September 2023. Di sela-sela rangkaian KTT G20, Jokowi diagendakan melaksanakan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara.

Jokowi bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu, sejumlah menteri juga ikut mendampingi, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.

Sebelumnya, usai rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, dalam ketetangannya Jokowi menyebut sejumlah komitmen yang akan dibawa oleh Indonesia dalam gelaran KTT G20 di India, diantaranya mengenai stabilitas dan perdamaian.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut bahwa kolaborasi dan kerja sama juga akan diprioritaskan. Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan berkomitmen untuk terus menyuarakan kepentingan negara berkembang.

"Kolaborasi, kerja sama itu harus diutamakan, dan Indonesia akan terus menyuarakan kepentingan negara berkembang terkait inklusifitas dan hak-hak untuk mensejahterakan rakyatnya termasuk di dalamnya industrial down streaming," ujarnya.

Sementara itu, beberapa pejabat juga ikut melepas keberangkatan Jokowi, diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar.sinpo

Komentar: