Enam Orang ditangkap Terkait Kerusuhan Peringatan Kematian Mahsa Amini

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 11 September 2023 | 11:25 WIB
Peringatan kematian Mahsa Amini, yang meninggal dalam tahanan pada 16 September 2022 lalu.(SinPo.id/AFP)
Peringatan kematian Mahsa Amini, yang meninggal dalam tahanan pada 16 September 2022 lalu.(SinPo.id/AFP)

SinPo.id -  Media pemerintah Iran melaporkan pihak berwenang di barat daya Iran telah menangkap enam orang yang dituduh mengorganisir kerusuhan pada peringatan kematian Mahsa Amini, yang meninggal dalam tahanan pada 16 September 2022 lalu.

Organisasi intelijen Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) di provinsi Kohgiluyeh dan Boyer-Ahmad, menangguhkan lima halaman media sosial yang diduga digunakan keenam orang tersebut untuk mengorganisir kerusuhan dan menimbulkan ketidakamanan di internet.

“Orang-orang tersebut aktif selama kerusuhan tahun lalu dan memiliki catatan kriminal,” kata IRGC, dilansir dari VoA, Senin 11 September 2023.

Dalam unggahanya IRGC menuding ada upaya musuh untuk menciptakan kekacauan pada peringatan kerusuhan tahun lalu. “Pengelola lima halaman media sosial ini merencanakan pertemuan untuk menciptakan kekacauan dalam beberapa hari mendatang," tulis laporan IRGC.

Penangkapan tersebut dilakukan beberapa hari setelah badan intelijen IRGC dan kementerian intelijen Teheran mengumumkan mereka telah mengidentifikasi jaringan pengorganisir kerusuhan yang didukung secara finansial oleh Departemen Luar Negeri AS.

Para anggota jaringan tersebut dituduh berupaya mempersiapkan dan menyajikan agenda bagi para perusuh untuk menghidupkan kembali suasana ketegangan dan gangguan di Iran.sinpo

Komentar: