Terima Keluhan Masyarakat Papua Terkait Tailing Freeport, DPD Siap Cari Solusi

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 11 September 2023 | 18:15 WIB
Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai (kiri) (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai (kiri) (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai, mengaku banyak menerima keluhan dan laporan dari masyarakat Papua yang terdampak limbah tailing Freeport.

Sehingga pihaknya menyatakan akan segera mencari solusi dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Salah satunya dengan mengadvokasi masyarakat dan pemerintah daerah (Pemda).

"Tanggal 19 lalu kami melakukan tim advokasi ketemu dengan masyarakat dan Pemda. Setelah dari situ kita coba untuk mencari solusi yang terbaik sesuai dengan komitmen DPD hadir sebagai solusi bukan sebagai pemantik," kata Yorrys, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 11 September 2023.

"Nah ini hari kita ketemu dengan stakeholder tingkat pusat semua, dan hasilnya tadi sudah kita proses dan akhirnya akan menjadi kesepakatan, itu yangg dari kami DPD," sambungnya.

Di samping itu, Presdir PT Freeport Indonesia, Clayton Allen Wenas, juga mengatakan pihaknya telah menggelontorkan dana lebih dari Rp300 miliar untuk menangani masalah lingkungan akibat limbah pengelolaan tambang yang terjadi di daerah Mimika, Papua.

Ia menjelaskan PT Freeport telah memiliki program untuk mengatasi dan menangani masalah tailing sejak awal. Namun masalah pencemaran limbah tersebut berimbas pada hampir seluruh Kabupaten Mimika.

“Hampir seluruh Kabupaten Mimika itu terjangkau oleh program-program PT Freeport Indonesia,” kata Clayton.

Oleh karena itu, ia menyampaikan program penanganan tailing tersebut sudah mencakup sekurang-kurangnya 2.000 masyarakat yang berada di daerah Mimika, termasuk dengan membangun pusat pelayanan kesehatan.sinpo

Komentar: