Iwan Bule Berkaca-kaca Saksikan Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 13 September 2023 | 02:26 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (PSSI.org)
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (PSSI.org)

SinPo.id -  Luapan kegembiraan mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terlihat saat nonton bareng penampilan Timnas Indonesia yang mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0 pada babak kualifikasi Grup K Piala Asia U 23 Tahun 2023 di Jakarta, Selasa 12 September 2023

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak pemain keturunan Ivar Jenner pada menit ke-40 dan Pratama Arhan pada menit 90+2. Dengan hasil itu, tim asuhan pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong yang sebelumnya mengalahkan China Taipei dengan skor 9-0 memastikan tiket ke putaran final Piala Asia U 23 yang akan berlangsung di Qatar tahun 2024.

“Kita bangga melihat penampilan Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan 2 gol atas Turkmenistan dilaga akhir babak penyisihan. Selamat buat Timnas Indonesia yang sudah memastikan tiket ke putaran final Piala Asia U 23. Teruslah berjuang untuk menggapai prestasi demi nama harum bangsa dan negara Indonesia,” kata Iwan Bule, panggilan akrabnya yang nyaris jatuh ketika meluapkan kegembiraan pada saat gol tercipta.

Dengan mata berkaca-kaca, Iwan Bule teringat dengan perjuangan pemain Timnas Indonesia saat mengikuti program latihan yang diterapkan Shin Tae-yong. “Saya pernah melihat anak-anak sempat muntah-muntah saat mengikuti program latihan keras yang diterapkan Shin Tae-yong. Dan, saya juga sempat menanyakan apakah mereka masih kuat yang dijawab para pemain masih kuat. Kini, mereka sudah merasakan manfaat dari latihan keras tersebut, dimana kondisi fisiknya yang prima saat tampil 90 menit. Itu semua buah dari perjuangan mereka yang digenjot mental, fisik dan juga disiplinnya,” ungkapnya.

Iwan Bule menggelar nonton bareng bersama awak media dan hadir pula pengamat sepakbola Tommy Welly serta Staf Ahli Kemenpora Mahfudin Nigara sebagai bentuk kecintaan dan dukungannya terhadap Timnas Indonesia.

Padahal, Iwan Bule disibukkan dengan tugasnya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra untuk memenangkan Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia ke-8 pada Pilpres 2024 nanti.

“Saya kan sudah bukan sebagai Ketua Umum PSSI. Jadi, saya hanya bisa memberikan dukungan Timnas Indonesia dari jauh saja untuk Timnas Indonesia. Dan, saya yakin pengurus PSSI saat ini mampu membawa Timnas Indonesia meraih prestasi lebih baik lagi ke depannya. Apalagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U 17 Tahun 2023,” kata Iwan Bule.

Sementara itu pengamat sepakbola Tommy Welly yang akrab dipanggil Towel mengaku sangat terhormat mendapat undangan dari mantan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk nonton bareng laga Timnas Indonesia melawan Turkmenistan di babak kualifikasi Piala Asia 2023 dengan awak media.

Bagi Towel, Iwan Bule bukan hanya mantan Ketua Umum PSSI tetapi merupakan pecinta Timnas Indonesia sejati dan juga sosok ayah bagi pemain Timnas Indonesia. “Iwan Bule memang tidak lagi sebagai Ketua Umum PSSI tetapi Iwan Bule adalah pecinta sepakbola dan Timnas Indonesia sejati yang merupakan sosok ayah bagi pemain Timnas Indonesia," ungkap Towel.

"Ayah itu pasti tidak akan pernah melupakan anak-anakanya. Makanya, saya merasa terhormat mendapat undangan untuk nonton bareng Timnas Indonesia melawan Turkmenistan,” tambahnya. 

Peran Iwan Bule, kata Towel, patut diakui cukup besar dalam membawa sepakbola Indonesia ke arah yang lebih baik. Bukan hanya keberhasilan Timnas Indonesia U 23 mengulang sejarah 32 tahun dengan merengkuh gelar juara SEA Games 2023 Kamboja yang bisa dikatakan sebagai legacynya, begitu juga dengan naiknya peringkat Indonesia di FIFA.

“Prestasi itu tidak bisa dicapai secara instan. Keberhasilan Timnas U 23 mengulang sejarah 32 tahun yang pernah diukir pada SEA Games 1991 Manila pada SEA Games 2023 Kamboja itu tidak terlepas dari peran Iwan Bule sebelumnya. Begitu juga dengan munculnya bintang-bintang pemain sepakbola Indonesia seperti Pratama Arhan, Marcelino Ferdinand, Rizky Ridho, Hernando Ari yang merupakan hasil dari program pembinaan PSSI di bawah kepemimpinannya. Istilahnya menanam, menyiramin dan memupuk yang dilakukan Iwan Bule sebelumnya itu sudah dipetik hasilnya. Selamat atas keberhasilan Timnas Indonesia masuk ke putaran final Piala Asia U 23,” jelas Towel.sinpo

Komentar: