TNI Berhasil Lumpuhkan Anggota KSTP Yahukimo

Laporan: Sinpo
Minggu, 17 September 2023 | 11:29 WIB
Prajurit TNI saat patroli di Yahukimo Papua Pegunungan (SinPo.id/Puspen TNI)
Prajurit TNI saat patroli di Yahukimo Papua Pegunungan (SinPo.id/Puspen TNI)

SinPo.id -  Pusat penerangan tentara nasional Indoensia melaporkan telah berhasil melumpuhkan anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP)  di Yahukimo Papua Pegunungan. Keberhasilan TNI itu terjadi dalam kontak senjata KSTP di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Kamis 14 September 2023.

“Dalam kejadian tersebut, Pasukan TNI melumpuhkan lima anggota KKB. Kelimanya dievakuasi setelah kejadian kontak tembak antara TNI dan KSTP,” kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Agung Saptoadi, dalam pernyataan resmi diterima SinPo.id Minggu, 17 September 2023.

Dalam pernyataanya, Agung menyebutkan kontak senjata terjadi di Kali Braza, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, sekira pukul  09.00 WIT. Sedangkan kelima jenazah tersebut telah dievakuasi ke rumah sakit. “Saat ini kelima jenazah sudah ada di RSUD Dekai untuk dilakukan autopsi,” tulis pernyataan itu .

Selain melumpuhkan lima anggota KSTP, Prajurit TNI juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya, dua magazen jenis SS1 dan AK-47 dengan 4 butir peluru, 1 unit HT, Pisau dan Parang, beberapa asesoris lambang bintang kejora serta barang-barang milik pribadi.

“Semua barang bukti kini telah diamankan di Polres Yahukimo guna kepentingan penyelidikan,” ujar Agung menjelaskan.

Agung memastikan TNI akan selalu konsisten berada di barisan terdepan dalam melaksanakan tugasnya dalam  melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Khususnya terkait aksi-aksi yang terjadi selama ini di Papua,” katanya.sinpo

Komentar: