Erick Thohir Sebagai Pilihan Ideal Cawapres Prabowo

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 19 September 2023 | 15:31 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Menteri BUMN Erick Thohir (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Menteri BUMN Erick Thohir disebut sebagai kandidat paling ideal menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Koordinator Nasional (Kornas) Pionir Indinesia Maju Dedi Irawan menyebut duet Prabowo-Erick dianggap mampu menghadapi tantangan Indonesia ke depan yang sangat besar, dari persoalan rigional, nasional, hingga global.

"Misalnya dalam level global, pertahanan keamanan dan kekuatan ekonomi merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan dan Prabowo Erick adalah kombinasi yang paling cocok untuk menjawab dua tantangan tersebut," kata Dedi dalam pernyataannya, Selasa 19 September 2023. 

Dedi menjelaskan, dalam panggung kebijakan nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan berbagai terobosan, seperti membangun infrastruktur di Indonesia, konektivitas seluruh wilayah NKRI, dan hilirisasi sumberdaya alam hingga  peningkatan sumber daya manusia (SDM) di tengah bonus demografi.

"Upaya keras ini harus dilanjutkan oleh pemimpin yang sudah memahami pola kerja efektif Presiden Jokowi dan kedua sosok tersebut adalah bagian penting yang tak terpisahkan," ujarnya.

Selanjutnya di level kepemimpinan regional, Dedi mengatakan, Jokowi telah menancapkan pengaruh yang kuat melalui soft diplomasi. Pasangan Prabowo - Erick merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya yang telah dirintis oleh Jokowi.

Selain itu, Erick Tohir juga dianggap memiliki karakteristik kepemimpinan yang sangat pro terhadap anak muda. Menurut Dedi, hal itu terlihat dari program-programnya sebagai menteri yang meningkatkan kompetensi para milenial. 

"Salah satunya adalah memperkuat pembiayaan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM milenial melalui Rumah BUMN. Selain itu program Magenta BUMN membuka peluang santri hingga mahasiswa fresh graduate untuk mendapatkan pengalaman kerja," paparnya.

Kemudian, program Erick Tohir yang sangat berpihak terhadap anak muda lainnya yakni hunian murah untuk generasi muda, permodalan nasional madani (PNM) Mekaar, Makmur, Pasar Digital UMKM hingga Kartu Tani Digital yang mayoritas menyasar generasi muda.

"Terakhir, kami akan terus mengawal agar kombinasi pasangan ideal ini dapat terwujud demi tercapainya Indonesia maju," tandasnya.sinpo

Komentar: